Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didik Nini Thowok Menari dengan Rasa

Kompas.com - 19/12/2016, 09:00 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Kepiawaian penari Didik Nini Thowok (62) dalam seni olah gerak tubuh tidak diragukan lagi.

Sudah tak terhitung prestasi dan karya seninya sehingga mengantarkannya menjadi salah satu seniman terbaik di Indonesia.

Didik tidak pernah main-main ketika membuat sebuat karya. Ia selalu memakai perasaannya, meresapi makna dan latar belakang cerita sebuah karya sebelum ditampilkan ke publik.

"Saya selalu memakai rasa setiap kali menari, apa yang saya dengar, saya rasakan, maka gerakan (tari) itu akan muncul sendiri, mengalir begitu," ujar Didik usai tampil di pembukaan Borobudur Culture Feast di Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/12/2016).

Di Borobudur Culture Feast 2016 itu, ia menari diiringi musik etnik "Sound of Borobudur" yang dimainkan oleh Trie Utami, Dewa Budjana, dan seniman-seniman dari Jaringan Kampung Nusantara.

Mengenakan kostum putih sederhana dan wajah tanpa riasan sama sekali, Didik begitu cantik dan luwes dalam mengolah gerak tubuhnya.

"Persiapan tidak lama, tapi karena saya lihat konsepnya, saya dengar dan rasakan musiknya, gerakan tari langsung muncul begitu saja," ucapnya.

Dalam menciptakan gerakan tari Didik juga selalu melakukan proses penelitian dan pendalaman terlebih dahulu. Terlebih tema karya yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Indonesia.

"Ketika membuat karya saya musti penelitian dulu, tidak asal, enggak sekedar lihat di YouTube gitu," katanya

Seperti saat ini, Didik sedang melakukan penelitian tentang Candi Prambanan, Yogyakarta, untuk sebuah karya tarinya yang akan dipentaskan dalam waktu dekat.

Suatu saat nanti, seniman asal Yogyakarta ini juga akan melakukan hal yang sama di Candi Borobudur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com