Kamila Andini Tak Pernah Belajar Penyutradaraan dari Garin Nugroho

Kompas.com - 19/12/2016, 10:00 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi putri seorang sutradara kawakan tak lantas membuat Kamila Andini mudah mendapatkan ilmu dari ayahnya, Garin Nugroho.

Ia justu mengaku tak pernah diajari langsung oleh Garin tentang penyutradaraan.

"Saya enggak pernah belajar langsung sama ayah," kata Kamila usai diskusi film Memoria di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (16/12/2016).

Namun itu bukan karena Garin enggan atau Kamila yang tak mau diajari sang ayah. "(Kenapa?) Karena ayah bukan tipe guru," ucap Kamila singkat.

Tetapi di luar itu, istri sutradara Ifa Isfansyah ini mengakui bahwa ayahnya punya andil besar dalam menumbuhkan kecintaannya pada dunia film.

"Pengaruh dari ayah pasti ada. Dari kecil terbiasa sama film. Kenapa saya pengin bikin film karena semua udah saya coba, dari fotografi, musik, tari. Tapi hanya film yang semakin ke sini semakin berat, cuma semakin saya suka dan challenging," ujar Kamila.

Lantas ketika ia memiliki seorang ayah dan suami yang sama-sama berprofesi sebagai sutradara, adakah niat Kamila menggandeng mereka membuat film bersama?

"Tidak menutup kemungkin. Mengalir aja, kalau ada waktu untuk kolaborasi, bikin film bareng, tentu sangat menarik. Saya filmmaker yang organic. Mengalir aja, saya tidak pernah mengonsepkan," ucap Kamila.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.