Titi DJ Terapkan Komunikasi Terbuka dengan Anak

Kompas.com - 21/12/2016, 13:32 WIB
Vokalis Titi DJ saat diabadikan di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2016). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungVokalis Titi DJ saat diabadikan di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2016).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Vokalis Titi DJ mendidik keempat anaknya dengan cara menerapkan komunikasi yang terbuka.

"Aku ajak ngobrol, apa kegiatan mereka selain kuliah dan sekolah. Dari situ saya jadi tahu mereka di track yang benar dan saya bisa tidur tenang karena tahu," ungkap Titi saat ditemui di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (20/12/2016).

Titi bersyukur anak-anaknya jujur dan terbuka kepadanya. Ia juga memberi keluasaan kepada mereka dan tidak terlalu ingin tahu alias kepo terhadap mereka.

"Karena setelah mereka besar saya sudah enggak terlalu kepo. Karena saya sudah menganggap di usia mereka ini, mereka sudah bisa bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan, gitu," tuturnya.

Pelantun "Sang Dewi" ini juga sudah tak lagi mau terbawa emosi saat marah kepada anak-anaknya. Menurutnya, hal itu justru tak efektif.

"Ada periode saya galak. Cuma saya berpikir dan introspeksi. Galak malah ngabisin tenaga, pikiran dan waktu," katanyanya.

"Anak-anaknya juga belum tentu mengerti, karena kalau digalakin dan pakai emosi justru bisa lebih kacau. Jadi kalau saya marah saya diam dulu setelah dingin baru. Semenjak itu komunikasinya jadi lebih enak," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.