Tulus: Kita Kan Indah karena Bermacam-macam

Kompas.com - 21/12/2016, 13:56 WIB
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Tulus (29) menginginkan rasa persatuan dan saling menghargai keragaman tetap dijunjung tinggi sesuai nilai Bhinneka Tunggal Ika.

Karena itu, Tulus bersama 30 artis musik lain lintas generasi dan genre berpadu dalam sebuah proyek singel berjudul "Satu Indonesiaku".

"Karena saya yakin tidak hanya saya, banyak yang resah dipaksa seragam. Kita kan indah karena bermacam-macam," ujar Tulus dalam acara peluncuran singel "Satu Indonesiaku" di Ballroom Djakarta Theater, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (20/12/2016).

Lagu "Satu Indonesiaku" merupakan gabungan dari empat lagu yang diaransemen oleh komposer Erwin Gutawa. Keempat lagu itu adalah "Rayuan Pulau Kelapa" karya Ismail Marzuki, "Kolam Susu" karya Yok Koeswoyo, "Zamrud Khatulistiwa" karya Guruh Soekarnoputera, dan "Pemuda" karya Candra Darusman.

Pembuatan lagu itu digagas oleh pembawa acara dan politisi Tantowi Yahya bersama Ketua Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI), Gumilang Ramadhan. Tantowi mendapat gagasan itu dengan becermin pada aksi damai 2 Desember 2016 di Jakarta.

Lebih lanjut Tulus mengatakan bahwa ia ambil bagian dalam proyek "Satu Indonesiaku" karena, sebagai artis musik, ia ingin menyerukan bahwa Indonesia memang berbeda, tetapi bisa damai.

"Kita harus mensyukuri perbedaan itu," ucap Tulus.

"Penyampaian lagunya sangat lugas. Kami bernyanyi tanpa memaksakan apa pun. Saya rasa ini bisa sangat menyentuh," lanjutnya.

Dijadwalkan, lagu itu akan serentak diputar di radio dan televisi se-Indonesia mulai 21 Desember 2016.

Selain itu, lagu tersebut akan diperdengarkan pula di 800 studio jaringan bioskop XXI sebelum setiap pemutaran film diputar, dalam penerbangan (inflight) Garuda Indonesia, dan situs video YouTube.

Artis-artis musik lain yang terlibat adalah Raisa, Ariel "NOAH", Momo "Geisha", Afgan Syahreza, Gita Gutawa, Marcell, Rossa, Glenn Fredly, Isyana Sarasvati, Andre Hehanussa, Ikke Nurjanah, Cita Citata, Bimbo, Vina Panduwinata, Once Mekel, Tompi, Tantowi Yahya, Judika, Cakra Khan, Giring "Nidji", Elfa's Singers, Erwin Gutawa, dan Edo Kodologit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.