Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tulus Rekam Album Ketiga di Republik Ceko

Kompas.com - 03/08/2016, 20:11 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Tulus sengaja terbang ke Praha, Republik Ceko, untuk menyempurnakan rekaman album barunya, Monokrom, yang dirilis hari ini, Rabu (3/8/2016).

"Kenapa Praha? Karena relasinya sudah terbentuk dengan lingkungan kami. Jadi diharapkan proses rekamannya lebih mudah," ujar Tulus dalam wawancara di sela peluncuran album Monokrom di Kembang Goela, Jakarta Pusat, Rabu siang.

Di sana, ia merekam bagian string section (kelompok pemain alat musik gesek) untuk aransemen lagu "Pamit", "Ruang Sendiri", "Manusia Kuat", "Lekas", dan "Monokrom".

"Rekaman vokal dan lagunya setengah jadi tuh. Dilakukan di Indonesia, kemudian dibawa ke Praha untuk rekaman string section," ujar Tulus.

"Partiturnya udah dikirim dulu, pas kami datang, mereka tanya 'Pamit' ini tentang apa. Kami jelaskan."

Proses rekaman string secton hanya berlangsung selama setengah hari. Setelah selesai, hasilnya segera dibawa pulang ke Indonesia untuk proses mixing di studio produser Ari Renaldi. Sementara untuk proses mastering album tersebut dilakukan di Amerika Serikat.

"Abis itu dikirim lagi ke Indonesia untuk disebarluaskan," kata Tulus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com