Pemeran Princess Leia di "Star Wars", Carrie Fisher, Meninggal Dunia

Kompas.com - 28/12/2016, 02:11 WIB
Carrie Fisher. REUTERSCarrie Fisher.
EditorTri Wahono

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Artis asal Amerika Serikat, Carrie Fisher, meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada Selasa (27/12/2016). Carrie menjadi tenar lewat perannya sebagai Princess Leia dalam film fiksi ilmiah Star Wars.

Putri Fisher, Billie Lourd, mengeluarkan pernyataan melalui juru bicaranya yang menyebutkan Fisher tutup usia pada hari Selasa pagi di Los Angeles, AS.

"Dengan penuh dukacita, Billie Lourd mengonfirmasi bahwa ibunya Carrie Fisher meninggal pada pukul 08.55 pagi ini," demikian menurut pernyataan tersebut. "Ia dicintai dunia dan dunia akan sangat kehilangan."

Fisher, yang merupakan putri dari aktris Debbie Reynolds dan penyanyi Eddie Fisher, sebelumnya masuk rumah sakit sejak Jumat lalu akibat serangan jantung dalam penerbangan dari London ke Los Angeles.

Ia tampil pertama kali sebagai lawan main Warren Beatty dalam film Shampoo tahun 1975. Selain itu, ia juga pernah tampil di film-film Austin Powers, The Blues Brothers, Charlie's Angels, Hannah and Her Sisters, Scream 3, dan When Harry Met Sally.

LucasFilms Carrie Fisher berperan sebagai Princess Leia dalam Star Wars: The Force Awakens (2015)
Namun, Fisher lebih dikenal sebagai Princess Leia dalam film Star Wars pertama yang dirilis pada tahun 1977 dengan gaya rambutnya yang ikonik. Fisher memainkan sosok perempuan yang kuat.

Ia juga sempat tampil kembali di film Star Wars berikutnya, Star Wars: The Force Awakens pada tahun 2015, dan juga muncul secara digital dalam film terbaru Star Wars, Rogue One: A Star Wars Story.

Fisher sempat bergulat melawan kecanduan narkoba dan penyakit mental. Ia mengaku merokok mariyuana ketika masih berusia 13 tahun dan didiagnosis menderita kondisi mental bipolar ketika berusia 24 tahun.

Pada tahun 1987, buku otobiografinya Postcards From the Edge laku keras dan kemudian diangkat ke layar lebar pada tahun 1990.

Buku-buku lain yang juga ditulisnya adalah Delusions of Grandma, Surrender the Pink, The Best Awful, Shockaholic, dan buku otobiografi lainnya yang dirilis tahun ini The Princess Diarist, di mana ia mengungkapkan pernah menjalin hubungan gelap dengan lawan mainnya di film Star Wars, Harrison Ford.

Good bye Fisher. May the force be with you!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.