Wawan "P Project" Kibarkan Indonesia di Belanda lewat Kaus

Kompas.com - 16/01/2017, 09:05 WIB
Wawan P Project kini sibuk berbisnis pakaian di Belanda dengan satu impian mengibarkan Indonesia di luar negeri.  Dokumentasi Wawan P Project Wawan P Project kini sibuk berbisnis pakaian di Belanda dengan satu impian mengibarkan Indonesia di luar negeri.
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com – Lama tidak muncul di televisi, Wawan " P Project" rupanya sibuk dengan bisnis clothing. Ia bahkan memasarkan produknya di Belanda.

“Sudah enam tahun saya jualan kaus di Belanda. Saya sudah punya keluarga di sana. Bukan keluarga sedarah, tapi yang dianggap keluarga,” ujar Wawan kepada Kompas.com belum lama ini.

Wawan menjelaskan, ia melakukan produksi di Indonesia. Setiap tahun, ia mengirimkan 2.000 lembar kaus lewat laut ke Belanda untuk mengikuti “Festival Tong Tong”. Di festival inilah ia memasarkan pakaiannya.

Kaus yang dijual menggambarkan desain Indonesia. Di bagian depan atau belakang kaus, terdapat lambang garuda yang dimodifikasi. Ada pula yang kaus bertuliskan Indonesia.

“Mereknya ‘Garuda Huis’. Saya jualan di Belanda setahun sekali dalam Festival Tong Tong di Belanda setiap bulan Mei,” tuturnya.

Wawan mematok harga 10 euro atau sekitar Rp 150.000 per kaus. Ia mengaku sudah mendapatkan untung meskipun harga kausnya tidak mahal.

“Untunglah, makanya bisnisnya dah jalan enam tahun,” terangnya.

Dalam festival tersebut, kausnya kerap ludes terjual. Kalaupun ada sisa paling hanya 10 persennya dan itu biasanya dijual di garage sale atau ke Suriname.

“Saya main di kualitas, kalau ngomong kuantitas kalah sama China dan India,” tuturnya.

Selain kaus, ia menjual produk khas Indonesia lainnya ke Belanda. Seperti teh, kerupuk udang, dan mi. Hasilnya, sebelum festival dimulai, produk-produk tersebut ludes terjual.

“Saya sengaja jualan produk khas Indonesia dan baju yang Indonesia banget, karena saya ingin mengibarkan Indonesia di negara orang lain,”ujar Wawan.

Ia menambahkan pembelinya sebagian besar orang Belanda yang memiliki sejarah dengan Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X