Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitri Carlina Didiagnosis Sakit Jantung

Kompas.com - 16/01/2017, 18:18 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Fitri Carlina (29) mengungkapkan bahwa tahun lalu ia didiagnosis menderita sakit jantung.

"Sakitnya dari setahun yang lalu. Emang udah lama aku alami (sesak di dada), parahnya setahunan ini," ucap adik pedangdut Nini Carlina ini dalam wawancara di food court Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan, Senin (16/1/2017).

Karena itulah, sepanjang 2016 ia jarang terlihat di layar kaca dan panggung off air. Ia mengatakan bahwa waktunya ketika itu ia gunakan untuk beristirahat dan menjalani perawatan.

"Direkomendasi buat operasi, jadinya aku makin stres. Aku tanya dokter, 'Bisa enggak hanya dengan terapi?' Akhirnya bisa," ujarnya.

Ia lantas menjalani terapi dengan obat-obatan secara rutin, mengurangi kegiatan bernyanyi, dan tak banyak keluar rumah agar mengurangi beban pikiran.

Fitri bercerita pula bahwa tak jarang ketika sedang santai ia tiba-tiba merasa jantungnya berdebar-debar dan dadanya sesak. Bahkan, lanjutnya, ia pernah hampir pingsan.

"Sampai kayak mau collapse, cukup mengganggu. Tapi, alhamdulillah, dengan terapi, enggak boleh stres, enggak boleh banyak pressure, berangsur membaik," ucapnya lagi.

"Paling sekarang tinggal jaga kegiatan aja sih, enggak boleh terlalu capek. Sekarang aja nih deg-degan, cuma masih bisa dikontrol, ada mengonsumi obat," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com