Kiat Sayang Uang ala Hamish Daud

Kompas.com - 31/01/2017, 16:38 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Hamish Daud (36) berbagi kiat agar bisa hemat alias sayang uang. Rutin mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan disebut Hamish cukup membantunya.

"Saya selalu catat (uang) yang keluar dan masuk. Karcis parkir misalnya, sampai yang kecil-kecil dicatat," katanya usai kampanye #sayanguangnya di Portico Senayan City, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Kebiasaan itu berguna untuk memantau dan menjaga pengeluaran Hamish agar ia tak lewat batas. Apalagi, jadwal kerja yang lumayan padat kerap membuat dia lupa akan jumlah dan untuk apa uang yang dikeluarkannya.

"Karena sibuk banget, saya suka lupa, jadi saya harus catat semua. Jadi tiap bulan saya selalu lihat (pemasukan dan pengeluaran), 'Wow, begini ya'," ujar Hamish.

Intinya, lanjut pemain film Gangster ini, yang paling penting adalah selalu sadar dalam menggunakan uang.

"Hati-hati dengan uang, beli yang kita butuhkan aja karena impulsive buyer itu bahaya. Pokoknya sadar aja yang masuk dan keluar. Konsumerisme pasti akan selalu jalan, tapi kalau kita pinter atur, itu akan sangat bantu," katanya.

Satu hal lagi yang menurut Hamish bisa membantu orang untuk lebih menghargai uang adalah jangan malu berusaha dari nol.

"Untuk next generation, banyak anak muda yang malu cari kerja yang sederhana. Waktu SMP dan SMA, saya kerja di dapur bersih-bersih piring, lap-lap gitu. Itu banyak yang malu dan gengsi untuk kotor, istilahnya bahasa Inggris-nya itu honest job," kata Hamish.

"Padahal dari situ kita bisa belajar hemat dan sayang dengan uang, bisa mengerti dengan uang juga lifestyle. Banyak yang baru kerja, tapi udah pengin punya barang mewah. Harus mulai dari nol, jadi menghargai proses," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.