"Moonlight", Pencarian Jati Diri Pria Gay Berkulit Hitam

Kompas.com - 31/01/2017, 19:10 WIB
Ashton Sanders dan Jharrel Jerome bermain dalam Moonlight (2016). David BornfriendAshton Sanders dan Jharrel Jerome bermain dalam Moonlight (2016).
|
EditorIrfan Maullana


KOMPAS.com - Film Moonlight berkisah tentang pencarian jati diri seorang pria berkulit hitam di kawasan Miami. Ceritanya sendiri dibagi menjadi tiga bagian.

Chiron yang menjadi sentral film Moonlight dideskripsikan memiliki kenangan masa kecil yang buruk. Karakter ini diperankan oleh tiga aktor secara bergantian, yakni Alex R Hibbert sebagai Chiron kecil; Ashton Sanders sebagai Chiron remaja; dan Trevante Rhodes sebagai Chiron dewasa.

Kenangan buruk itu tak lepas dari pengalaman Chiron kecil yang diasuh oleh ibunya, Paula (Naomie Harris) yang merupakan pemakai narkoba. Kesal dengan anaknya yang sering diganggu teman-teman seumurannya, Paula menghina Chiron dengan julukan banci.

Suatu ketika, Chiron ditemukan oleh seorang pria bernama Juan (Mahershala Ali) di sebuah rumah tak berhuni akibat menghindari kejaran teman-temannya. Dari situlah Chiron mulai menjalin persahabatan dengan Juan dan Teresa (Janelle Monae).

Juan yang seorang bandar narkoba, mengajarkan kepada Chiron untuk jangan pernah mau diatur hidupnya oleh siapapun. Pesan Juan ini melekat di benak Chiron hingga ia beranjak dewasa.

Pada babak kedua film ini, Chiron diceritakan sudah beranjak remaja. Kendati Juan dikisahkan telah meninggal dunia, hubungannya dengan Teresa masih dekat. Teresa sering memberi uang kepada Chiron, dan juga menyiapkan makanan untuknya.

Mengetahui hal itu, Paula sering meminta uang secara paksa kepada Chiron untuk membeli narkoba. Kehidupan sosial Chiron juga tidak membaik. Ia masih mengalami perundungan oleh teman-teman sekelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya teman main dari kecilnya yang bernama Kevin (diperankan oleh 3 aktor berbeda: Jaden Piner sebagai Kevin kecil, Jharrel Jerome sebagai Kevin remaja, dan Andre Holland sebagai Kevin dewasa) yang masih bersikap baik kepadanya. Hubungan keduanya semakin akrab.

Suatu hari, Kevin mencium Chiron saat keduanya berbincang di tepi pantai. Dari situlah Chiron sadar bahwa dirinya seorang gay. Sayangnya, hubungan mereka retak akibat perkelahian di sekolah. Chiron dimasukkan ke penjara remaja akibat memukul teman Kevin yang sering merundungnya.

Bagian ketiga dari film ini menceritakan Chiron yang beranjak dewasa. Ia mencari nafkah sebagai pengedar narkoba. Meskipun ia membenci ibunya yang masuk rehab, Chiron tetap mengunjungi Paula di tempat rehab.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.