Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Moonlight", Pencarian Jati Diri Pria Gay Berkulit Hitam

Kompas.com - 31/01/2017, 19:10 WIB
Tania Frederika Titaley

Penulis


KOMPAS.com - Film Moonlight berkisah tentang pencarian jati diri seorang pria berkulit hitam di kawasan Miami. Ceritanya sendiri dibagi menjadi tiga bagian.

Chiron yang menjadi sentral film Moonlight dideskripsikan memiliki kenangan masa kecil yang buruk. Karakter ini diperankan oleh tiga aktor secara bergantian, yakni Alex R Hibbert sebagai Chiron kecil; Ashton Sanders sebagai Chiron remaja; dan Trevante Rhodes sebagai Chiron dewasa.

Kenangan buruk itu tak lepas dari pengalaman Chiron kecil yang diasuh oleh ibunya, Paula (Naomie Harris) yang merupakan pemakai narkoba. Kesal dengan anaknya yang sering diganggu teman-teman seumurannya, Paula menghina Chiron dengan julukan banci.

Suatu ketika, Chiron ditemukan oleh seorang pria bernama Juan (Mahershala Ali) di sebuah rumah tak berhuni akibat menghindari kejaran teman-temannya. Dari situlah Chiron mulai menjalin persahabatan dengan Juan dan Teresa (Janelle Monae).

Juan yang seorang bandar narkoba, mengajarkan kepada Chiron untuk jangan pernah mau diatur hidupnya oleh siapapun. Pesan Juan ini melekat di benak Chiron hingga ia beranjak dewasa.

Pada babak kedua film ini, Chiron diceritakan sudah beranjak remaja. Kendati Juan dikisahkan telah meninggal dunia, hubungannya dengan Teresa masih dekat. Teresa sering memberi uang kepada Chiron, dan juga menyiapkan makanan untuknya.

Mengetahui hal itu, Paula sering meminta uang secara paksa kepada Chiron untuk membeli narkoba. Kehidupan sosial Chiron juga tidak membaik. Ia masih mengalami perundungan oleh teman-teman sekelasnya.

Hanya teman main dari kecilnya yang bernama Kevin (diperankan oleh 3 aktor berbeda: Jaden Piner sebagai Kevin kecil, Jharrel Jerome sebagai Kevin remaja, dan Andre Holland sebagai Kevin dewasa) yang masih bersikap baik kepadanya. Hubungan keduanya semakin akrab.

Suatu hari, Kevin mencium Chiron saat keduanya berbincang di tepi pantai. Dari situlah Chiron sadar bahwa dirinya seorang gay. Sayangnya, hubungan mereka retak akibat perkelahian di sekolah. Chiron dimasukkan ke penjara remaja akibat memukul teman Kevin yang sering merundungnya.

Bagian ketiga dari film ini menceritakan Chiron yang beranjak dewasa. Ia mencari nafkah sebagai pengedar narkoba. Meskipun ia membenci ibunya yang masuk rehab, Chiron tetap mengunjungi Paula di tempat rehab.

Paula meminta maaf karena selama ini ia tidak bisa menjadi orang tua yang baik bagi Chiron. Chiron pun memaafkannya.

Malam hari, Chiron menerima kabar dari Kevin via telepon. Kevin yang kini menjadi juru masak di sebuah rumah makan, mengajaknya bertemu. Meskipun sekarang Kevin telah menikah dan punya anak, keduanya tidak bisa berbohong bahwa masih ada rasa cinta diantara mereka.

Film berdurasi 1 jam 50 menit ini, mulai dirilis secara luas di Amerika pada 18 November 2016 dan mendapat sambutan hangat dari para kritikus film yang juga sukses di box office. Hanya dengan biaya produksi sekitar 5 juta dollar AS, film arahan sutradara Barry Jenkins ini mampu mengumpulkan 15 juta dollar AS selama peredarannya di Amerika sendiri.

Para juri Academy Awards memberikan 8 nominasi untuk film ini, yaitu Best Picture (Dede Gardner, Jeremy Kleiner & Adele Romanski), Best Actor for Supporting Role (Mahershala Ali), Best Actress for Supporting Role (Naomie Harris), Best Achievement in Directing (Barry Jenkins), Best Adapted Screenplay (Barry Jenkins & Tarell Alvin McCraney), Best Achievement in Film Editing (Joi McMillon & Nat Sanders), Best Original Score (Nicholas Britell).

Sebelum Academy Awards berlangsung, Moonlight sendiri telah meraih beberapa penghargaan untuk kategori Film Terbaik. Diantaranya di ajang Golden Globes 2017 yang berlangsung pada 8 Januari 2017.

Sedangkan Mahershala Ali juga sukses memenangkan piala Screen Actors Guild Awards yang berlangsung kemarin tanggal 29 Januari 2017, untuk kategori Best Actor for Supporting Role.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com