"Hidden Figures", Tiga Perempuan Kulit Hitam Melawan Diskriminasi

Kompas.com - 05/02/2017, 10:37 WIB
Taraji P Henson, Octavia Spencer, and Janelle Monáe dalam film Hidden Figures (2016) Twentieth Century FoxTaraji P Henson, Octavia Spencer, and Janelle Monáe dalam film Hidden Figures (2016)
|
EditorKistyarini

KOMPAS.com - Film Hidden Figures dinobatkan sebagai film terbaik pada Screen Actors Guild  (SAG) Awards 2017 yang digelar di Los Angeles pada Minggu (29/1/2017).

Film karya Theodore Melfi ini menggambarkan diskriminasi yang dialami para perempuan berkulit hitam yang bekerja di West Area Computers Division of Langley Research Center, Hampton, Virginia.

Sebagai informasi West Area Computers merupakan divisi dari Langley Research Center yang seluruhnya mempekerjakan perempuan pakar matematika berkulit hitam. Lembaga ini merupakan bagian dari badan antariksa AS (NASA).

Film ini mengisahkan kiprah Katherine Goble (Taraji P. Henson), Mary Jackson (Janelle Monáe), dan Dorothy Vaughan (Octavia Spencer). Mereka bekerja di bawah penyelia Vivian Mitchell (Kirsten Dunst).

Ketika itu, Rusia berhasil meluncurkan satelitnya. Direktur Space Task Force, Al Harrison (Kevin Costner) mengalami tekanan untuk mengirim para astronot Amerika ke luar angkasa.

Katherine ditugaskan untuk membantu tim Harrison. Ia merupakan satu-satunya perempuan kulit hitam di tim itu. Kehadiran Katherine disambut negatif oleh tim tersebut.

Dorothy juga mengalami masalah serupa. Permintaannya untuk dipromosikan menjadi penyelia ditolak. Padahal selama ini ia sudah menjalankan pekerjaan layaknya penyelia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, Mary mengalami kesulitan untuk mengambil gelar pendidikan lebih tinggi meskipun ia berhasil menemukan kesalahan dalam sebuah eksperimen space capsule.

Mereka mengalahkan perbedaan perlakuan itu dengan menunjukkan prestasi. Katherine berhasil memecahkan masalah matematika yang dihadapi tim Harrison.

Ia akhirnya diundang mengikuti rapat dengan para astronot dalam rapat untuk mencari cara agar astronot John Glenn (Glenn Powell) bisa dikirim ke luar angkasa dan pulang dengan selamat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.