Strategi Garin Nugroho Hadapi Perubahan Zaman

Kompas.com - 16/02/2017, 21:36 WIB
Garin Nugroho diabadikan usai konferensi pers film KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGGarin Nugroho diabadikan usai konferensi pers film
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Garin Nugroho ternyata punya strategi khusus agar karya-karyanya tetap memiliki rasa masa kini. Bagaimana caranya?

Kata Garin, dengan berganti-ganti asisten sutradara dan selalu memilih yang muda bisa menjadi solusinya.

"Biasanya saya tiap periode selalu mengajak asisten-asisten baru," ucapnya dalam wawancara di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (13/2/2017).

"Iya saya memang gitu karena saya perlu bertumbuh dengan anak muda juga untuk menghadapi zaman. Saya udah Ronin, Romo Garin ha-ha-ha," imbuh Garin.

Nama-nama sutradara kawakan saat ini, contohnya Riri Riza dan Hanung Bramantyo, lanjut Garin, pernah membantunya sebagai astrada. Sutradara film London Love Story, Asep Kusdinar, pun juga sempat menjadi asisten sutradaranya.

Kali ini dalam film terbarunya, Moon Cake Story, Garin melibatkan seorang sineas muda lulusan Institut Kesenian Jakarta.

"Saya menumbuhkan generasi baru. Itu bagian cara kerja saya, tiap periode selalu membawa asisten baru," kata Garin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Film berjudul Gerbong Satu, Dua produksi 1984 merupakan karya perdana Garin sebagai sutradara. Setelah itu, selama 35 tahun berkarier, ia sudah melahirkan sekitar 24 film.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.