Cita Rasa Baru Gugun Blues Shelter

Kompas.com - 18/02/2017, 10:15 WIB
Bowie (kiri), Gugun (tengah), dan Fajar (kanan) usai tampil dalam Java Jazz on The Move di plataran Wisma BNI 46, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2017) malam. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGBowie (kiri), Gugun (tengah), dan Fajar (kanan) usai tampil dalam Java Jazz on The Move di plataran Wisma BNI 46, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2017) malam.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Album Hitam Membiru menjadi karya musik paling berbeda bagi grup band Gugun Blues Shelter (GBS) selama 13 tahun berkarier. Ada sentuhan baru yang mereka berikan dalam album yang dirilis akhir tahun lalu itu.

"Ini album Indonesia GBS pertama dari sembilan album. Ya ini paling beda," kata pemain drum GBS, Bowie, usai tampil dalam Java Jazz on The Move di plataran Wisma BNI 46, Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (17/2/2017) malam.

Vokalis GBS, Gugun, menjelaskan ide membuat album berbahasa Indonesia sudah lama terpikirkan, tetapi baru sekarang mereka bisa mewujudkannya. Tujuannya sederhana, Gugun cs ingin penikmat musik Tanah Air lebih memahami karya mereka lewat lirik yang lebih membumi.

"Kami pengin aja, kenapa sih harus bahasa Inggris terus. Selama ini orang berpikir musik blues, rock, itu enaknya pakai bahasa Inggris. Kami main di beberapa kota, mereka bisa langsung ngerti liriknya. Kalau bahasa Inggris, kadang-kadang enggak sebegitunya," ujarnya.

Berbekal 11 lagu baru bercita rasa Indonesia dalam album kesembilan mereka, GBS melakukan tur ke beberapa kota kelas dua atau kota-kota kecil sejak tahun lalu. Mereka sudah ke Riau, Pekanbaru. Cirebon, Duri, Batam, Purwokerto, Padang. Lalu akan berlanjut ke Lumajang, Jember, Magelang, dan kemungkinan ke kota-kota di Kalimantan, bahkan Papua.

"Sesuai visi album baru aja sih. Ini (full liriknya) Indonesia, kami pengin masuk ke kota-kota yang belum pernah kami datengin," timpal sang pemain bas, Fajar Adi Nugroho, yang mengganti posisi John Amstrong alias Jono.

Seluruh proses rekaman album Hitam Membiru mereka lakukan di New York, Amerika Serikat, selama empat hari pada awal 2016. Lagu-lagunya di antaranya berjudul "Mobil Butut", "Kandas", "Jangan Berkata Dalam Hati", dan "Bermain Cinta".

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X