Maudy Koesnaedi Menikmati Seni

Kompas.com - 19/02/2017, 15:30 WIB
Maudy Koesnaedi diabadikan usai konferensi pers sandiwara Betawi berjudul Jawara: Langgam Hati dari Marunda di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENG PANGERANGMaudy Koesnaedi diabadikan usai konferensi pers sandiwara Betawi berjudul Jawara: Langgam Hati dari Marunda di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015) sore.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Walau gemar menikmati lukisan, aktris Maudy Koesnaedi (42) belum ingin melukis sendiri.

Saat di SMA dulu, Maudy memang pernah dapat nilai bagus di mata pelajaran seni rupa, terutama ketika ia diminta melukis bunga oleh sang guru.

"Waktu itu, sih, saya mikirnya asal bisa cepat pulang. Kebetulan pas mata pelajaran terakhir dan kata gurunya kalau sudah selesai boleh langsung pulang," ujarnya mengenang sambil terkekeh geli.

Dengan setengah santai, Maudy lalu mencampur beberapa macam warna cat air dengan kuasnya dan menyapukan warna-warna tadi ke atas kertas dengan asal saja.

"Baru kemudian pinggirannya saya tebalkan dengan tinta pena supaya membentuk bunga, tangkai, dan daun. Selesai, langsung saya kasihkan ke guru dan boleh pulang," kenangnya.

Lucunya, sang guru justru memuji hasil karya Maudy dan memberinya nilai tinggi. Padahal, ada banyak teman sekelasnya yang menggambar dengan sangat serius.

"Ada yang sampai bikin bouquet bunga terus diwarnai semirip mungkin. Ya, senang saja ternyata karya saya bisa dapat nilai tinggi," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lewat lukisan, terutama sejumlah koleksi lukisan wayang milik mendiang sang ayah, Maudy mengaku bisa mengenang ayahnya itu hanya dengan memandangi lukisan-lukisan tadi.

"Sampai sekarang, lukisan-lukisan beliau masih saya rawat. Ada yang sempat rusak lalu direstorasi. Memandangi lukisan-lukisan itu mengingatkan saya ke almarhum Papa," ujar Maudy. (DWA)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Februari 2017, di halaman 16 dengan judul "Menikmati Seni".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.