Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lukisan Amy Winehouse Laku Rp 8,9 Juta Lebih untuk Amal

Kompas.com - 16/09/2013, 11:14 WIB
HAMPSHIRE, KOMPAS.com -- Lukisan minyak yang menampilkan sosok penyanyi Amy Winehouse terjual dengan harga 500 poundsterling atau Rp 8,9 juta lebih dalam sebuah lelang amal pada Jumat lalu (13/9/2013) di Concorde Club, Hampshire.

Lukisan karya seniman asal Essex, Inggris, James Wilkinson setinggi 1,5 meter itu dilelang dalam sebuah acara amal yang ditujukan untuk mengenang perempuan eksentrik tersebut. Dana yang didapat dari lelang ini sebagain disumbangkan untuk Amy Winehouse Foundation.

Dalam aksi amal yang berlangsung selama satu bulan ini, yayasan itu berhasil mengumpulkan dana hingga lebih dari 4.000 poundsterling atau kira-kira Rp 71,9 juta.

Amy Winehouse jika masih hidup merayakan ulang tahunnya yang ke-30 pada Sabtu lalu (14/9/2013). Winehouse meninggal pada Juli 2011 akibat menenggak terlalu banyak minuman beralkohol.

Mendapat keistimewaan
Wilkinson, yang menjadi salah satu seniman dalam sebuah festival mengenang Winehouse, merasa senang karena mendapat keistimewaan untuk melukis potret Winehouse. Wilkinson mengatakan, dia membutuhkan waktu dua minggu unuk membuat lukisan tersebut.

"Saya penggemar Amy Winehouse, jadi ketika diminta untuk melukisnya, itu merupakan sebuah keistimewaan untuk saya dan saya melakukannya dengan senang hati," kata Wilkinson.

"Yayasan ini menanyakan kepada saya apa yang bisa mereka berikan, tapi saya mengatakan, kita lihat saja nanti, dan saya akan donasikan setengah dari berapa pun harga yang terjual untuk amal," katanya lagi.

Dalam lukisan itu terlihat sosok Winehouse, yang dikenal dengan julukan Queen of Camden, sedang berdiri di persimpangan jalan dengan dikelilingi oleh tulisan lirik lagu hit-nya dan juga sosok Ray Charles, salah satu pemusik yang mempengaruhi karyanya.

Ingin bantu orang lain
"Saya melukis Amy sedang berada di persimpangan jalan untuk menunjukkan keputusan mana yang diambil," jelas Wilkinson. "Tidak banyak (pilihan) memang, yang dia ambil saat masih hidup," lanjutnya.

Lukisan Winehouse ini oleh Wilkinson diberi judul At Home with Ray, karena pengaruh Ray Charles yang begitu besar terhadap karya musik Winehouse.

Orangtua Winehouse cukup senang dengan keterlibatan banyak orang dalam acara amal ini. "Kami senang berapa pun dana yang berhasil didapat dari penjualan lukisan itu. Orang-orang yang baik ini telah memberikan uang mereka untuk membantu anak kurang mampu dan mengubah kehidupan orang lain," kata Janis Winehouse.

The Amy Winehouse Foundation didirikan oleh keluarga Winehouse untuk membantu mencegah dampak konsumsi alkohol dan obat terlarang di kalangan anak muda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com