"Jakarta Undercover": Mencari Makna pada Sisi Gelap Ibu Kota

Kompas.com - 23/02/2017, 12:27 WIB
Sutradara Fajar Nugros (paling kiri) dan produser eksekutif Moammar Emka (paling kanan) serta dua pemain film Jakarta Undercover, Tiara Eve (kedua dari kiri) dan Baim Wong (kedua dari kanan), mempromosikan film mereka di kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, pada Selasa (31/1/2017). KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELISutradara Fajar Nugros (paling kiri) dan produser eksekutif Moammar Emka (paling kanan) serta dua pemain film Jakarta Undercover, Tiara Eve (kedua dari kiri) dan Baim Wong (kedua dari kanan), mempromosikan film mereka di kantor Redaksi Kompas.com, Jakarta, pada Selasa (31/1/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com --Buku Jakarta Undercover (2003), karya Moammar Emka, telah difilmkan oleh sutradara Lance dan film itu dirilis pada 2007.

Kali ini, buku tersebut difilmkan lagi oleh sutradara yang lain, Fajar Nugros, dan timnya. Pada Kamis ini (23/2/2017), film baru itu mulai diputar di jaringan gedung bioskop di dalam negeri.

Dalam film Jakarta Undercover versi Fajar Nugros, diceritakan Pras (Oka Antara), seorang pemuda dari luar Jakarta, mengejar cita-citanya menjadi jurnalis di Ibu Kota dan bekerja di sebuah majalah berita yang dipimpin oleh Djarwo (Lukman Sardi).

Namun, dalam menjalani pekerjaannya itu, ia kemudian jenuh karena selalu dituntut menulis artikel-artikel pencitraan pejabat negara.

Di tengah kejaran deadline, suatu kali Pras tanpa sengaja menolong penari malam bernama Awink (Ganindra Bimo). Perjumpaan dengan pria tersebut membawa Pras masuk ke dunia "bawah" Jakarta.

Ia pun berkenalan dan menjalin persahabatan dengan Yoga (Baim Wong), sosok penting dalam bisnis gelap Ibu Kota. Dari Yoga, ia mengenal sisi gemerlap sekaligus seram Jakarta, dari pesta narkoba hingga prostitusi kelas atas.

Berada di pusaran baru dan mencengangkan, insting Pras sebagai jurnalis tergelitik. Pikirnya, kisah di sudut lain Jakarta itu bisa membuat hidupnya lebih bermakna dari sekadar menghasilkan tulisan "pesanan".

Di sisi lain, Pras bertemu seorang perempuan bernama Laura (Tiara Eve). Pertemuan itu kemudian berujung pada obrolan rutin di sebuah mini market.

Namun, Pras tak tahu rahasia kelam yang disimpan Laura di balik kenyamanan yang diberinya untuk Pras.

Film Jakarta Undercover versi Fajar Nugros dan timnya, yang diproduksi oleh Grafent Pictures dan Demi Istri Production, patut mendapat acungan jempol.

Oka Antara, Baim Wong, dan pendatang baru Tiara Eve mampu membawakan peran masing-masing dengan apik.

Akting cantik Ganindra Bimo juga berhasil mencuri perhatian para penonton.

Artis-artis peran yang ambil bagian pun, yaitu Agus Kuncoro, Lukman Sardi, dan Tio Pakusadewo, menunjukkan kualitas mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.