LSF: "Beauty and the Beast" Lulus Sensor, Tak Perlu Khawatir

Kompas.com - 16/03/2017, 16:36 WIB
Beauty and the Beast Walt Disney Motion PicturesBeauty and the Beast
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com -- Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia menyatakan bahwa film live-action Beauty and the Beast telah lulus sensor. Hal ini berbeda dengan negara Malaysia yang memilih untuk memotong adegan yang dinilai memiliki konten gay.

Untuk diketahui, karakter LeFou, sahabat tokoh antagonis Gaston dalam film tersebut menuai kontroversi. Peran yang dimainkan oleh Josh Gad itu disebut-sebut bingung akan orientasi seksualnya.

Juru bicara LSF, Rommy Fibri, mengatakan bahwa film arahan sutradara Bill Condon itu sudah dinyatakan lulus sensor dengan klasifikasis 13 tahun ke atas.

"Tidak ada pemotongan adegan, nihil. Film itu dinyatakan tidak ada revisi atau apapun," kata Rommy kepada Kompas.com saat dihubungi per telepon, Kamis (16/3/2017).

"Ya enggak apa-apa kan tidak harus sama (dengan negara lain). Beberapa negara lain juga rata-rata memberi klasifikasinya juga 13 tahun ke atas. Mayoritas untuk 13 tahun," tambahnya.

Bahkan untuk memastikan hal itu, pihak LSF sampai melakukan dua kali penyensoran oleh tim sensor yang teridiri dari tujuh orang. Pertama pada 14 Februari lalu dan kedua 9 Maret usai munculnya kontroversi konten gay.

"Karena ada isu itu, jadi LSF agar tidak dianggap kurang teliti atau kecolongan, kami tonton dua kali untuk ngecek film itu adegan per adegan," katanya.

Setelah ditelaah lebih detail, LSF memutuskan bahwa tidak ada persoalan dalam film Beauty and the Beast sehingga harus direvisi.

"Artinya tidak ada adegan seperti yang dikhawatirkan banyak orang. Itu hanya satu karakter yang sebentar muncul. Itupun yang sifatnya hanya sok lebay gitu kira-kira. Kalau hanya lebay kemudian diartikan, ya itu agak berlebihan lah," ucap Rommy.

Sementara itu, duta Disney untuk film Beauty and the Beast, artis peran Chelsea Islan, mengatakan bahwa film tersebut sudah mendapatkan rating umur yang ia rasa pas.

"Aku sih melihatnya ini sebuah film yang fresh dari kartun menjadi live-action. Menurut aku cocok aja sih karena tadi aku juga lihat sebelum filmnya mulai 13 tahun ke atas," kata Chelsea usai menghadiri pemutaran film Beauty and the Beast di XXI Lippo Mal Puri, Jakarta Barat, Rabu (15/3/2017) malam.

Walt Disney Motion Pictures Dan Stevens bermain dalam Beauty and the Beast (2017)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X