Anto Hoed Punya PR Besar dalam Pembuatan Lagu Tema Film "Kartini"

Kompas.com - 21/03/2017, 20:44 WIB
Anto Hoed dan Melly Goeslaw ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAAnto Hoed dan Melly Goeslaw ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukanlah hal yang baru apabila musisi Anto Hoed selalu menggandeng Melly Goeslaw dalam pembuatan lagu tema sebuah layar lebar.

Namun, ketika diorder membuat lagu untuk film Kartini yang akan ditayangkan pada 19 April 2017 di bioskop, Anto mengaku kesulitan.

"(Lagu ini) Salah satu yang tersulit yang dikerjain, yang digarap," katanya dalam acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).

"Ini lagu perjuangan, tapi bukan perang. Perangnya dengan intelektual, kesadaran tinggi bahwa kala itu perempuan enggak punya otoritas," sambungnya.

Anto merasa bahwa pembuatan lagu "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?" tidaklah mudah, apalagi ketika ia harus memasukkan unsur-unsur perjuangan yang ia maksud ke dalam komposisi lagu.

"Secara konkret saya harus masukkan (perjuangan) ke dalam musik. Itu jadi PR besar buat saya," katanya.

Bahkan awalnya ia mengaku tidak tahu apa genre lagu ini. Apakah ini musik pop atau bukan. Bersama Melly, ia mencipta soundtrack film tersebut selama lebih dari dua bulan.

"Pekerjaannya memang agak lama. Saya berdiam diri di studio untuk berimajinasi," ucapnya.

Proses rekaman lagu ini pun dilakukan di rumahnya. Melly dan Gita Gutawa didapuk untuk membawakan lagu "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?".

Anto berharap lagu ini bisa diterima semua pihak dan bisa juga berguna untuk filmnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X