Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa: Kartini Adalah Simbol Harapan

Kompas.com - 21/03/2017, 21:05 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gita Gutawa (23) merasa sangat senang bisa menyanyikan soundtrack film Kartini yang berjudul "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?". Lagu ini ia nyanyikan bersama musisi dan pencipta lagu Melly Goeslaw.

Merasa terinspirasi dengan Kartini, Gita mengaku bersyukur sebagai seorang perempuan di zaman sekarang ini.

"Aku sebagai perempuan punya kesempatan yang banyak sekali dibanding era Kartini," ujarnya ketika dijumpai dalam acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini d Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).

"Kalau ngomongin soal Kartini, pastinya enggak hanya sebagai simbol perempuan. Dia lebih sebagai simbol harapan," lanjutnya.

Memang, RA Kartini dikenal dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Gita sendiri pun berani menggapai cita-citanya berkat sosok Kartini yang berani mendobrak pengekangan di zamannya.

"Kita harus belajar dari Kartini. Kita harus menggapai cita-cita kita," tegasnya.

Dara kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1993 ini melanjutkan, "Sekarang banyak Kartini muda berprestasi di bidang musik, pendidikan, art, olahraga. Gak cuma cowok yang bisa, perempuan juga".

Bahkan, Gita sendiri pun berani menggapai mimpinya lewat bidang musik dan pendidikan.

Kendati begitu, lanjutnya, tidak semua perempuan berani memperjuangkan mimpi mereka. Pelantun "Parasit" ini pun masih merasa bahwa perempuan-perempuan masih perlu belajar satu sama lain.

"Era sekarang, mungkin perempuan harus belajar satu sama lain. Kita butuh diingatkan sebagai seorang perempuan. Role kita apa, apa yang bisa disumbangkan dengan kekurangan dan kelebihan kita sebagai perempuan," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com