Gita Gutawa: Kartini Adalah Simbol Harapan

Kompas.com - 21/03/2017, 21:05 WIB
Gita Gutawa ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAGita Gutawa ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Gita Gutawa (23) merasa sangat senang bisa menyanyikan soundtrack film Kartini yang berjudul "Memang Kenapa Bila Aku Perempuan?". Lagu ini ia nyanyikan bersama musisi dan pencipta lagu Melly Goeslaw.

Merasa terinspirasi dengan Kartini, Gita mengaku bersyukur sebagai seorang perempuan di zaman sekarang ini.

"Aku sebagai perempuan punya kesempatan yang banyak sekali dibanding era Kartini," ujarnya ketika dijumpai dalam acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini d Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).

"Kalau ngomongin soal Kartini, pastinya enggak hanya sebagai simbol perempuan. Dia lebih sebagai simbol harapan," lanjutnya.

Memang, RA Kartini dikenal dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Gita sendiri pun berani menggapai cita-citanya berkat sosok Kartini yang berani mendobrak pengekangan di zamannya.

"Kita harus belajar dari Kartini. Kita harus menggapai cita-cita kita," tegasnya.

Dara kelahiran Jakarta, 11 Agustus 1993 ini melanjutkan, "Sekarang banyak Kartini muda berprestasi di bidang musik, pendidikan, art, olahraga. Gak cuma cowok yang bisa, perempuan juga".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan, Gita sendiri pun berani menggapai mimpinya lewat bidang musik dan pendidikan.

Kendati begitu, lanjutnya, tidak semua perempuan berani memperjuangkan mimpi mereka. Pelantun "Parasit" ini pun masih merasa bahwa perempuan-perempuan masih perlu belajar satu sama lain.

"Era sekarang, mungkin perempuan harus belajar satu sama lain. Kita butuh diingatkan sebagai seorang perempuan. Role kita apa, apa yang bisa disumbangkan dengan kekurangan dan kelebihan kita sebagai perempuan," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.