Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Jangan "Meng-cover" Lagu Ed Sheeran di Facebook

Kompas.com - 22/03/2017, 22:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda suka menyanyikan ulang lagu favorit (cover) lalu mengunggahnya ke media sosial Facebook? Jika iya, sebaiknya jangan melakukan hal itu untuk lagu milik penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran.

Pasalnya, bisa-bisa akun Facebook Anda yang justru diblokir. Kok bisa?

Belajar dari kejadian yang dialami oleh musisi jalanan asal London, Charlotte Campbell. Baru-baru ini Charlotte baru mengunggah ceritanya ke YouTube soal kejadian di mana akun Facebook miliknya diblokir setelah menyanyikan ulang lagu Ed Sheeran.

Dalam videonya, Charlotte bercerita bahwa akun Facebook miliknya mendapat peringatan dari Facebook dan akhirnya harus diblokir selama tiga hari.

Mungkin hal ini terdengar aneh, namun kebijakan di YouTube dan Facebook ternyata berbeda terkait video unggahan cover seseorang. Jika di YouTube Anda bisa bebas melakukan cover lagu, di Facebook justru sebaliknya.

Salah satunya disebabkan karena media sosial milik Mark Zuckerberg ini tidak punya lisensi dengan perusahaan musik. Karena itulah mereka terpaksa memblokir sementara atau bahkan menutup akun pengguna yang melakukan cover lagu, seperti dikutip dari USAToday.

Cerita yang diunggah oleh Charlotte di YouTube ini ternyata juga mendapat respons dari Ed Sheeran. Mengetahui tentang hal ini, dia langsung menuliskan permintaan maafnya di media sosial dan mengatakan bahwa pelarangan ini tak ada hubungannya dengan dirinya.

Dalam tulisan tersebut, Ed Sheeran bahkan merasa senang jika orang yang melakukan cover untuk lagunya.

Charlotte pun mengetahui permintaan maaf Ed Sheraan juga terkejut dan kemudian mengunggah video berikutnya di YouTube.

Facebook saat ini berembuk dengan pelaku industri musik untuk mencari solusi terkait dengan situasi ini.

"Kami juga sedang bekerja sama dengan industri musik untuk mencari kemungkinan mendapatkan solusi tanpa harus menghapus konten yang ada," tulis Facebook dalam pernyataannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com