Deva Mahenra: Media Sosial seperti Pisau, tetapi Matanya Dua

Kompas.com - 27/03/2017, 20:37 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Deva Mahenra mengungkapkan bahwa media sosial amat berbahaya jika salah menggunakannya, khusus oleh para figur publik.

"Media sosial itu seperti pisau, tapi matanya dua. Tergantung kita gimana cara pakainya. Misalkan kita memang niatnya untuk nyakiti orang bisa. Niatnya kita disayang orang, bisa," ujar Deva di sela proses shooting film Jomblo di Universitas Pancasila, Jakarta Selatan, Senin (27/3/2017).

"Karena apa? Media sosial adalah media yang sebenarnya itu adalah settingan daripada penggunanya. Kita setting aja, maunya jadi gimana di media sosial," lanjut dia.

Terkait beberapa artis yang "terpleset" menggunakan media sosial, Deva berpendapat bahwa sang figur publik sudah semestinya memahami baik dan buruknya media sosial.

"Mereka sudah tahu konsekuensinya, mereka kan pesohor. Mereka tahu sekecil apa pun yang ditulis akan dibaca banyak orang. Ingat, ketika seseorang membaca informasi akan mempunyai interpretasi berbeda-beda," ujarnya.

"Ada yang menanggapi biasa aja, ada yang begitu berapi-api. Harusnya sudah tahu konsekuensinya," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, Deva juga sempat mengikuti sebuah seminar bertemakan perilaku para pesohor yang menggunakan media sosial tidak pada tempatnya.

Dari seminar itu, banyak hal yang dipetik oleh pria berusia 26 tahun tersebut.

"Dari situ saya banyak belajar. Bagaimana menggunakannya tergantung kita. Diniatkan dengan hal yang baik, jangan provokatif," ucap dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.