Berbahasa Belanda dalam Film "Kartini", Ayushita Tegang

Kompas.com - 06/04/2017, 11:21 WIB
Ayushita diabadikan usai konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGAyushita diabadikan usai konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ayushita memerankan karakter salah satu adik Kartini, Kardinah, dalam film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo.

Bermain sebagai perempuan Jawa bukan hal sulit bagi Ayu. Sebab ia berasal dari Jawa dan bisa berbahasa Jawa.

Namun yang paling membuatnya tegang adalah saat ia harus beradegan menggunakan bahasa Belanda.

"Aku bisa bahasa Jawa karena dari kecil hobi nonton Srimulat, hahaha. Cuma momen yang enggak pernah bisa aku lupain adalah waktu adegan harus bahasa Belanda. Aku tegang banget," kata dalam konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

Sehari sebelum melakukan adegan itu, sebenarnya Dian Sastro yang memerankan Kartini sudah mengingatkannya untuk berlatih bahasa Belanda.

[Baca juga: Buku Pramoedya Ananta Toer Bantu Hanung Pramantyo Hidupkan Kartini]

Namun karena Ayu merasa tak pernah diminta beradegan menggunakan bahasa Belanda, maka ia bersikap santai saja.

"Besoknya shooting master, tiba-tiba Mas Hanung (sutradara Kartini) datang, 'eh kamu udah dapat dialog belum, bahasa Belanda?'. Aku yang 'Hah? He?'," kata Ayu.

Ia pun lantas berlatih bahasa Belanda secara kilat, sementara semua kru dan pemain memandangnya serta menanti Ayu menyelesaikan dialog-dialognya.

[Baca juga: Kesamaan Dian Sastro dan Kartini]

"Semua satu tim begini (memperagakan pose para kru). Aku tegang banget. Kayak mau nangis harus selesai sekarang, semua nungguin aku, hehehe," ujar Ayu mengenang kejadian itu.

Sederet aktor dan aktris kawakan Tanah Air ikut terlibat dalam film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo ini.

Di antaranya, Dian Sastrowadoyo, Christine Hakim, Dedy Soetomo, Acha Septriasa, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu, dan lainnya.

Film produksi Legacy Picture dan Screenplay Production ini bakal tayang perdana pada 19 April 2017 mendatang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X