Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesamaan Dian Sastro dan Kartini

Kompas.com - 06/04/2017, 09:38 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktris Dian Sastrowardoyo menyebut bahwa ia dan Kartini memiliki satu kesamaan, yakni sama-sama punya mimpi besar menimba ilmu di negeri orang.

"Ada satu jembatan yang sangat signifikan, saya dan Kartini sama-sama memimpikan bisa melanjutkan pendidikan di luar negeri dari kecil," ujar Dian dalam konferensi pers film Kartini di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (5/4/2017).

"Ternyata kebetulan sekali itu adalah cita-cita Dian kecil juga yang sampai sekarang juga belum tercapai," tambahnya.

[Baca juga: Dian Sastro Panggil Kembali Kartini Lewat Musik]

Menurut Dian, seorang aktor saat mendalami sebuah karakter harus membuat jembatan antara dirinya dengan peran itu agar terlihat menyatu. Itulah yang ia lakukan dengan tokoh Kartini.

"Jembatan saya adalah kesamaan-kesamaan dengan karakter itu. Saya lihat ada banyak cita-citanya Kartini yang saya rasakan juga," ucapnya.

Maka, ketika melakukan adegan di mana Kartini mengetahui ia tak bisa bersekolah di Belanda, Dian mencampur perasaan sedihnya sendiri yang juga belum bisa mewujudkan impiannya kuliah di luar negeri.

[Baca juga: Buku Pramoedya Ananta Toer Bantu Hanung Pramantyo Hidupkan Kartini]

"Nyampur tuh emosi Kartini dengan emosi Dian di situ. Kan sebagai aktor kita juga pasti banyak menggunakan bahan bakar emosi kita untuk mencoba hidupkan karakter ini. Kalau kita enggak punya bekal pengalaman pribadi kita enggak bisa jadi aktor yang baik," ujarnya.

Film Kartini arahan sutradara Hanung Bramantyo ini tak hanya melibatkan Dian Sastro sebagai bintang utama tetapi juga menghadirkan sederet aktor dan aktris kawakan Tanah Air.

[Baca juga: Hanung Bramantyo Persembahkan Film Kartini untuk Para Lelaki]

Bintang-bintang itu antara lain Christine Hakim, Dedy Soetomo, Acha Septriasa, Ayushita, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Dwi Sasono, Djenar Maesa Ayu, dan lainnya.

Film produksi Legacy Picture dan Screenplay Production ini bakal tayang perdana pada 19 April 2017 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com