Najwa Shihab dan Buku-buku Kartini

Kompas.com - 21/04/2017, 08:00 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembawa acara Najwa Shihab menjadi salah satu perempuan yang membacakan surat-surat Kartini dalam pergelaran Panggung Para Perempuan Kartini di Museum Bank Indonesia, Jakarta Barat, Selasa (11/3/2017).

"Surat 1902, dikirimkan untuk Stela, sahabat penanya (Kartini). Di situ menceritakan tentang kekecewaannya karena tidak jadi pergi ke Belanda, padahal Stela sudah susah payah mencarikan beasiswa untuk Kartini," ungkap Najwa menjelaskan surat yang dibacakannya.

Najwa mengaku telah belajar tentang Kartini sejak lama, dengan membaca buku-buku serta artikel tentang tokoh emansipasi wanita Indonesia itu.

"Sebelumnya saya merasa di bulan April pasti ada banyak permintaan tentang Kartini, diskusi tentang Kartini, saya belajar Kartini sejak lama," jelasnya.

"Jadi, sebelum ada tawaran ini, memang dari dulu saya sudah sering baca buku tentang Kartini, seperti 'Habis Gelap Terbitlah Terang', 'Kartini Perempuan Modern', dan semua artikel Kartini," kantanya.

Selain Najwa, surat-surat Kartini juga dibacakan oleh permpuan dari berbagai profesi di antaranya Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi dan deretan artis seperti Gita Gutawa, Dian Sastrowardoyo, Maudy Ayunda, Christine Hakim, Chelsea Islan dan masih banyak lagi.

Najwa yang dinobatkan menjadi Duta Baca Indonesia itu juga mengatakan bahwa Kartini merupakan Duta perempuan pertama yang mengajarkan pentingnya membaca kepada banyak orang.

"Menurut saya Kartini juga duta perempuan pertama di indonesia karena dia mengajarkan betapa pentinya membaca, jadi rasanya senang sekali," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.