Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa Meluncurkan Lagu di Setiap Hari Besar Nasional

Kompas.com - 21/04/2017, 10:16 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyanyi Gita Gutawa (23) sedang mengerjakan sebuah proyek bernama Gita Puja Indonesia.

Pada proyek itu ia menyanyikan kembali lagu-lagu nasional Indonesia yang sudah diaransemennya. Hal ini ia lakukan untuk melestarikan lagu-lagu nasional.

“Gita Puja Indonesia ini memang proyek kita selama satu tahun. Dan saya keluarkan (lagu) satu per satu di setiap hari besar nasional, ” kata Gita saat dijumpai dalam acara Kartini Masa Kini di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/4/2017) malam.

 “Saya mengeluarkan (lagu) yang memang spirit-nya sama. Kemarin dengan Hari Guru, terus sekarang Ibu Kita Kartini karya WR Supratman,” imbuhnya.

Rupanya, bukan hanya untuk melestarikan lagu-lagu nasional saja, Gita membua proyek ini karena merasa bahwa musik memiliki kekuatan yang besar.

Apalagi, tak seperti negara-negara lain, Indonesia memiliki lagu-lagu yang beragam, khususnya lagu nasional.

“Pas kuliah aku belajar, kita punya lagu nasional Indonesia banyak banget. Ada lagu tentang Kartini,” ujar pemilik nama lengkap Aluna Sagita Gutawa ini.

“Di luar negeri enggak ada lagu nasional, adanya lagu kebangsaan. Lagu nasional itu penting dalam sejarang karena banyak muncul di saat kebangkitan nasional,” tambahnya.

Proyek ini pun Gita lakukan dengan disertai sebuah gerakan di media sosial bernama #perempuanjugabisa.

Pelantun “Rangkaian Kata” ini pun mengajak siapa saja untuk membuat video soal perempuan-perempuan hebat yang ada di Indonesia.

“Kita bikin video untuk saling menginspirasi,” terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com