So Long, Jessica Veranda...

Kompas.com - 26/04/2017, 09:36 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak grup idola JKT48 dibentuk pada 2011 lalu, Jessica Veranda, masuk ke dalam jajaran generasi pertama bersama Kinal, Gaby, Shania, Melody, Nabilah, dan member-member lainnya.

Hampir setiap hari mereka berkegiatan di Teater JKT48 dan bertemu para penggemar mereka.

Namun, satu-persatu anggota JKT48 mulai "meluluskan" dirinya.

Ada beragam alasan, mulai dari ingin fokus di kegiatan masing-masing di luar JKT48, ada yang sibuk kuliah, menjalani karier solo, hingga dikeluarkan oleh pihak manajemen lantaran terlibat skandal, misalnya berpacaran.

Untuk diketahui, member JKT48 memiliki golden rules di mana para membernya tidak diperbolehkan untuk berpacaran.

Tahun 2016 saja, ada Delima Rizky, Jennifer Hanna, Haruka Nakagawa, hingga sederet member lain yang memutuskan untuk graduate. Tahun ini, nama Jessica Vania dan Jessica Veranda pun tercatat bukan lagi bagian dari JKT48.

Berawal dari Festival Saikou Kayo

Keputusan Jessica Veranda, atau Ve untuk lulus dari grup idola yang membesarkan namanya itu sudah dipikirkan matang-matang.

Dalam gelaran JKT48 "Saikou Kayo - Luar Biasa" Handshake Festival di Kuningan City Ballroom, Jakarta Selatan, Sabtu (4/3/2017), Ve pun mengumumkan kelulusannya.

"Tahun ini adalah tahun ke-6 aku di JKT48. Dan selama ini, grup ini udah jadi bagian dari hidupku," katanya.

"Menurutku, manusia itu harus berani berubah. Saya Jessica Veranda memutuskan untuk lulus dari JKT48," sambungnya dengan terbata-bata.

[Baca juga: Video: Veranda Nyanyikan So Long! bersama JKT48]

Mendengar kabar mengejutkan itu, beberapa member JKT48 terlihat menangis. Sementara itu, para penggemar sontak menyahut," Veranda, arigatou... Veranda, arigatou...".

Dalam acara ini, para member terpilih juga menyanyikan "So Long!" yang didapuk sebagai lagu perpisahan untuk Ve. Lagu ini bercerita tentang kuatnya hubungan persahabatan di kala senang, sedih, ataupun susah.

Kinal, salah satu member JKT48, sekaligus sahabat Ve mengatakan, lagu ini merupakan singel paling sedih yang dimiliki JKT48.

Resmi “Lulus”

Namun, akhirnya tiba juga akhir perjalanan Ve bersama JKT48 hampir enam tahun belakangan ini. Ia resmi “lulus” dari grup idola tersebut dalam graduation ceremony yang digelar di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4/2017) lalu.

Dalam acara tersebut, Ve sempat membacakan surat kelulusannya yang ia tujukan untuk para member, staf, juga penggemar.

Lewat surat ini, perempuan yang pernah mendesain sampul album kedua JKT48, Mahagita ini pun mengenang saat ia pertama kali bertemu member generasi pertama.

"Di situ aku menyadari, JKT48 adalah bagian terpenting dalam hidup aku," kata Ve.

"Kelulusan ini adalah langkah awal dari bentukan diri kita untuk mewujudkan hasil dari pelajaran yang kudapat di sini," sambungnya.

[Baca juga: Jessica Veranda Resmi Lulus dari JKT48]

Ve sempat menitikkan air matanya beberapa kali ketika membacakan suratnya. Ia juga terdengar terbata-bata karena tak kuasa menahan air mata.

Bahkan, lagu perpisahannya, “So Long!” menjadi penutup mengharukan bagi semua yang hadir di Balai Sarbini.

Para penggemar mengayunkan light stick berwarna-warni mereka ke udara, seraya mengucapkan salam perpisahan untuk oshi kesayangan mereka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.