Maudy Ayunda Berharap Anak Muda Indonesia Jadi Pelajar Mandiri

Kompas.com - 28/04/2017, 21:35 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Maudy Ayunda menginginkan agar anak-anak muda Indonesia bisa menjadi pelajar mandiri, yang berinisiatif untuk mencari pengetahuan di luar bangku sekolah. Tak pasif atau selalu menunggu 'suapan' ilmu dari guru atau dosen.

"Aku harap anak-anak muda sekarang bisa jadi pelajar mandiri. Mereka bisa belajar mengerti dengan cara berpikir kritis, tidak hanya menyerap, mungkin bisa memberi angle berbeda," kata Maudy dalam diskusi pendidikan berbasis teknologi di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (28/4/2017).

Maudy mengatakan, menjadi mahasiswa di Oxford University, Inggris, membuatnya paham bagaimana cara belajar yang seharusnya.

"Salah satu yang bisa menjadi sumber inspirasi buat pendidikan Indonesia adalah kalau di sana murid-muridnya empower, ada self learning yang terjadi. Jarang sekali ada guru atau profesor yang ngajarin dari nol. Anak-anaknya disuruh belajar sendiri dulu, terus habis itu baru yang dilakukan hanya berdiskusi dan mengevaluasi," kata Maudy.

Banyak sekali alternatif lain untuk belajar selain di ruang kelas atau ruang kuliah. Misalnya, lanjut Maudy, ada perpustakaan atau internet. Apalagi saat ini lebih dimudahkan dengan semakin banyaknya video tutorial pelajaran di dunia maya.

"Akan menjadi masalah yang lebih besar lagi kalau selain kualitas guru tidak merata, murid-muridnya pun tidak bisa mencari alternatif lain belajar untuk mereka sendiri. It's a bigger problem when access ke cara belajar alternatif juga tidak ada atau kurang," ucapnya.

"Aku sempet dulu nonton video yang kebetulan ada di YouTube. Kita merasa kayak kita punya cara sendiri untuk akhirnya sampai pada titik mengerti. Bisa kita kembangkan ini di Indonesia," tambah Maudy.

Ia merasa sangat bersyukur bisa punya kesempatan merasakan sistem belajar di luar negeri. Dengan begitu, Maudy menjadi ingin membaginya juga dengan para pelajar Indonesia, menyuarakan pentingnya belajar dengan mandiri.

"Sebuah proses pembelajaran yang sangat berbeda aku rasa dan sangat membantu in shaping the person I am now. Kalau ditanya apa yang aku pelajarin dari sana adalah I really learn how to learn. Dari self learning, bisa jadi self creating, and maybe self teaching. Pihak masyarakat, pemerintah, swasta dan aku bisa membantu ini terjadi," kata Maudy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.