Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Livi Zheng dan Musisi Indonesia Sukses Gelar Konser di Los Angeles

Kompas.com - 10/05/2017, 12:45 WIB
Sintia Astarina

Penulis

KOMPAS.com - Sutradara Livi Zheng, gitaris 8 jari I Wayan Balawan, dan guru besar gamelan di Amerika Serikat I Nyoman Wenten bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Los Angeles menggelar konser Bali:Beats of Paradise di downtown Los angeles, Kamis (4/5/2017) lalu.

Konser ini dihadiri oleh ratusan penonton. Bahkan, Governor of the Motion Picture Academy of Motion Picture Arts & Sciences, Don Hall, Konsul Switzerland, Belgia, Thailand, dan Filipina, hingga sampai pemerintah Kota Los Angeles datang menghadiri konser ini.

Untuk diketahui, ide konser ini awalnya berasal dar pemimpin KJRI Los Angeles Konjen Umar Hadi. Ia menumpahkan ide kreatif untuk membuat konser dan produksi film Bali: Beats of Paradise dengan menggandeng Livi Zheng sebagai sutradara.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur karena dianugerahi tradisi, seni dan budaya yang begitu beragam dan kaya, kata Konjen Umar Hadi seperti tertulis dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

"Indonesia juga patut bersyukur, karena dianugerahi anak-anak bangsa yang bertalenta luar biasa dan mampu bersaing di kancah dunia," sambungnya.

[Baca juga: Livi Zheng Menyutradarai Proyek KJRI Los Angeles]

 

Sementara itu, Livi merasa bangga dan senang bisa terlibat dalam proyek konser dan film ini. Apalagi, bisa dipercayai langsung oleh KJRI Los Angeles.

“Saya sangat bangga menjadi orang Indonesia, salah satunya karena kebudayaannya sangat beragam. Sayangny,a masih banyak orang luar yang bahkan tidak tahu letak Indonesia di mana," kata Livi.

"Maka dari itu saya selalu mengintegrasikan Indonesia sedapat mungkin ke semua yang saya kerjakan, mulai dari menyelipkan ritme gamelan di komposisi film sampai dengan memasukan pencak silat di koreografi adegan actionnya," imbuhnya.

[Baca juga: Livi Zheng, Dosen di Almamater]

 

Konser ini merupakan salah satu acara puncak peluncuran film Bali: Beats of Paradise. Film ini akan didistribusikan di Amerika Serikat secara luas.

Bahkan, film ini juga akan menjadi bagian dari kurikulum-kurikulum di universitas-universitas Amerika Serikat.

I Nyoman Wenten yang menjadi concert director pertunjukan ini pun rupanya memang sudah sering tampil di negara-negara di benua Eropa, Amerika Selatan, juga Asia. Bahkan, ia juga mengajar gamelan di berbagai universitas di AS.

"Saya sangat bangga dianggap menjadi duta kesenian di Amerika Serikat. Saat ini gamelan sudah menjadi kurikulum pelajaran di sebagian besar universitas-universitas di Amerika," katanya.

Yang menarik, Bali: Beats of Paradise turut mengajak istri I Nyoman Wenten, yakni Nanik Wenten sebagai koreografer dalam konser dan filmnya.

Di sisi lain, konser kemarin juga mendatangkan I Wayan Balawan yang dikenal dengan double neck gitarnya dan . Ia diterbangkan langsung dari Bali demi menambah warna dalam konser tersebut.

[Baca juga: Yayan Ruhian Sebut Livi Zheng Srikandi Indonesia]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com