Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marsha Timothy Tak Sangka Filmnya Akan Diputar dalam Cannes 2017

Kompas.com - 12/05/2017, 18:59 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Marsha Timothy mengaku terkejut ketika mengetahui film yang ia bintangi, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak, terpilih untuk diputar dalam Festival Film Cannes 2017.

Marlina akan menjadi satu-satunya film dari Asia Tenggara yang diputar di Quinzane des realisateurs (Directors' Fortnight) pada 24 Mei mendatang yang berlangsung paralel dengan Cannes.

"Soal dibawa ke Cannes, saya, kami enggak menyangka dan waktu itu dikasih tahu sama produser dan sutradara film ini masuk Directors' Fortnight," ujar Marsha saat konferensi pers film Marlina di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (12/5/2017) sore.

Ia juga merasa bahagia bahwa film arahan sutradara Mouly Surya itu akan tayang perdana atau world premier di Prancis. Artinya, Marlina bakal disaksikan oleh penonton internasional.

"Suatu kebanggan buat kami. Membanggakan untuk film Indonesia juga, ya cukup merasa bangga tergabung dalam produksi ini. Harapannya seperti film Indonesia lain kami harap film ini bisa diterima di Indonesia, bisa dinikmati oleh penonton Indonesia," kata Marsha.

Dalam film ini, istri aktor Vino G Bastian itu berperan janda asal Sumba bernama Marlina. Ia memenggal kepala pimpinan perampok yang menyatroni rumahnya. Setelah itu, Marlina membawa kepala tersebut dalam sebuah perjalanan panjang ke kantor polisi.

Naskah film ini ditulis oleh Mouly Surya dan produser Rama Adi berdasarkan ide cerita dari Garin Nugroho. Marlina merupakan produksi kerja sama lima negara. Yakni rumah produksi Cinesurya dan Kaninga Pictures (Indonesia), Sasha & Co Production (Prancis), Astro Shaw (Malaysia), Hooq Originals (Singapura), dan Purin Pictures (Thailand).

Saat masih berupa ide cerita, Marlina sudah terseleksi dalam Asian Project Market di Busan International Film Festival 2015 dan Cinefondation L'Atelier Cannes Film Festival 2016.

Film ini merupakan film panjang keempat Indonesia yang terseleksi dalam rangkaian Festival Film Cannes. Sebelumnya, ada film Tjoet Nja' Dien (1998, Semaine de la Critique), Daun di Atas Bantal (1998, Un Certain Regard), dan Serambi (2006, Un Certain Regard).

Selain Cannes, bersama 17 film lain dari seluruh dunia yang lolos seleksi, Marlina juga bakal diputar di Marseille, Paris, Geneva, Roma, Milan, Florence, dan Brussels. Untuk Indonesia, Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak baru akan tayang pada Oktober 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com