Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donasi untuk Julia Perez Total Terkumpul Rp 1,6 Miliar

Kompas.com - 16/05/2017, 20:09 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebanyak Rp 1,6 miliar donasi telah terkumpul untuk membantu biaya pengobatan pedangdut Julia Perez alias Jupe yang sedang berjuang melawan kanker serviks stadium empat.

Angka tersebut merupakan total dana yang berhasil digalang oleh para puluhan pesohor hiburan Tanah Air.

Artis komedi Eko "Patrio" selaku penggagas penggalangan dana itu menjelaskan, ada senilai Rp 800 juta dalam rekening Peduli Sahabat Jupe.

Sementara, dari donasi daring lewat laman kitabisa.com, sudah terkumpul Rp 453.920.577 dari 426 donatur.

"Tadinya Rp 1,6 miliar. Tapi kan Pak Zulkifli Hasan sudah berikan (langsung) Rp 120 juta, Maia Estianty Rp 100 juta. Jadi di kami sisa Rp 850 sekian sama kitabisa.com Rp 500 sekian. Kalau digabungin Rp 1,6 miliar," ujar Eko dalam wawancara studio ANTV, Epicentrum, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2017).

[Baca juga: Amanat Julia Perez untuk Kedua Adiknya]

 

Meski begitu, Eko mengaku pihak keluarga Jupe belum mau menerima seluruh donasi. Mereka justru meminta Eko dan kawan-kawan menyimpan dulu dana tersebut sampai Jupe betul-betul membutuhkannya.

"Alasannya, karena kondisinya belum itung-itungan sama dokter. Saya bilang kami berat ini bebannya, daripada jadi probelm buat kami pegang uang banyak, tapi belum bayar dokter," ujarnya.

"Katanya 'mas tolong jaga aja, kami yakin kalau di situ lebih aman'. Oh ya udah, kan mungkin kebutuhannya banyak baru pasca penyembuhan nanti," tambah Eko.

Namun, anggota DPR RI ini menjamin keamanan donasi untuk Jupe itu.

"Di (penggalangan dana) Peduli Sahabat Jupe itu ada lima yang tanggung jawab, Ruben, Saya, Ibnu Jamil, Vega, dan Raffi Ahmad. Jadi kalau mau ambil duit, enggak bisa sendiri, harus sama-sama, jadi saling tahu semuanya," kata Eko.

[Baca juga: 5 Fakta tentang Kondisi Terkini Julia Perez]

 

Sebelumnya, para sahabat Jupe melakukan penggalangan dana yang bertajuk "Peduli Sahabat Jupe" yang digelar di studio ANTV Epicentrum, Jakarta Selatan, Minggu (16/4/2017) malam lalu.

Dalam malam amal yang digagas Eko Patrio dan Ruben Onsu itu, penggemar, masyarakat, tokoh politik, pengusaha, dan pesohor hiburan Tanah Air turut menyumbangkan materi untuk meringankan beban biaya pengobatan Jupe.

Salah satunya artis musik Maia Estianty dan seorang pengusaha yang masing-masing mendonasikan Rp 100 juta untuk pelantun "Aku Rapopo" itu.

Lalu, Wakil Gubernur DKI terpilih, Sandiaga Uno, yang menyumbang Rp 333 juta. Kemudian ada pula bantuan dari Ketua MPR RI Zulkifli Hasan senilai Rp 119 juta.

[Baca juga: Terungkap Alasan Keluarga Selalu Tutupi Wajah Julia Perez]

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com