Kikan: Ayo Lakukan Sesuatu untuk Indonesia

Kompas.com - 21/05/2017, 20:34 WIB
Kikan Namara dalam acara Potret Perjuangan-Sinergi Membangun Negeri di The Energy Building, Sudirman, Jakarta, pada (18/8/2016). Dok. Kompas.com/Anne Anggraeni FathanaKikan Namara dalam acara Potret Perjuangan-Sinergi Membangun Negeri di The Energy Building, Sudirman, Jakarta, pada (18/8/2016).
|
EditorKistyarini

SEMARANG, KOMPAS.com - Vokalis Kikan Namara (40) punya peran baru sebagai duta damai dari Badan Nasional Penanggulangan Teorisme (BNPT).

Peran baru itu mengharuskan dia mengkampanyekan perdamaian ke seluruh penjuru Indonesia.

Di berbagai daerah, Kikan terus menyelipkan pesan agar ada aksi nyata untuk menanggalkan radikalisme dan terorisme.

"Hari ini kota satu bangsa sedang dihadapkan permasalahan cukup rumit. Salah satunya tentang intoleransi, mengapa?" ujar Kikan, saat ditemui Kompas.com di Kota Semarang, Kamis (18/5/2017).

Sebagai duta, Kikan mulai mengajak masyarakat untuk memahami sejarah kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan oleh banyak golongan, agama, suku dan ras.

Oleh karena itu, ia merasa heran mengapa kebersamaan merebut kemerdekaan itu perlahan memudar dengan kasus intoleransi di banyak daerah.

"Jadi ini isu nasional. Isu bersama, kita gak bisa diam. Apapun profesi kalian, pastikan kalian melakukan kontribusi nyata untuk Indonesia," ujarnya.

Kontribusi nyata dipandang penting sebagai warga negara untuk menjaga stabilitas negara, agar Indonesia tetap sebagai negara toleran.

"Indonesia ini negara toleran, dan negara ini sudah dicontoh negara lain dijadikan panutan. Damai itu goalnya. Pesan saya, ayo lakukan sesuatu," tambahnya lagi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X