Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kikan: Ayo Lakukan Sesuatu untuk Indonesia

Kompas.com - 21/05/2017, 20:34 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Vokalis Kikan Namara (40) punya peran baru sebagai duta damai dari Badan Nasional Penanggulangan Teorisme (BNPT).

Peran baru itu mengharuskan dia mengkampanyekan perdamaian ke seluruh penjuru Indonesia.

Di berbagai daerah, Kikan terus menyelipkan pesan agar ada aksi nyata untuk menanggalkan radikalisme dan terorisme.

"Hari ini kota satu bangsa sedang dihadapkan permasalahan cukup rumit. Salah satunya tentang intoleransi, mengapa?" ujar Kikan, saat ditemui Kompas.com di Kota Semarang, Kamis (18/5/2017).

Sebagai duta, Kikan mulai mengajak masyarakat untuk memahami sejarah kemerdekaan Indonesia yang diperjuangkan oleh banyak golongan, agama, suku dan ras.

Oleh karena itu, ia merasa heran mengapa kebersamaan merebut kemerdekaan itu perlahan memudar dengan kasus intoleransi di banyak daerah.

"Jadi ini isu nasional. Isu bersama, kita gak bisa diam. Apapun profesi kalian, pastikan kalian melakukan kontribusi nyata untuk Indonesia," ujarnya.

Kontribusi nyata dipandang penting sebagai warga negara untuk menjaga stabilitas negara, agar Indonesia tetap sebagai negara toleran.

"Indonesia ini negara toleran, dan negara ini sudah dicontoh negara lain dijadikan panutan. Damai itu goalnya. Pesan saya, ayo lakukan sesuatu," tambahnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com