Chelsea Islan Bicara Perdamaian di Forum Toleransi Dunia 2017

Kompas.com - 23/05/2017, 11:40 WIB
Penulis Reni Susanti
|
EditorIrfan Maullana

BANDUNG, KOMPAS.com - Aktris Chelsea Islan menjadi salah satu pembicara pada acara World Tolerance Conference atau Forum Toleransi Dunia di Purwakarta pada 22-24 Mei 2017.

Dalam pertemuan tersebut, Chelsea berpesan akan pentingnya peran anak-anak muda dunia untuk menjaga perdamaian dunia.

Bangsa Indonesia, sambung Chelsea, mempunyai prinsip yang kuat dalam toleransi yaitu prinsip Bhinneka Tunggal Ika "Unity in Diversity". Prinsip inilah yang bisa menjaga keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama.

[Baca juga: Genggam Trofi IMAA Lagi, Chelsea Islan "Speechless"]

"Pancasila sebagai falsafah negara telah secara nyata menyatukan bangsa dan menjaga keutuhan, kedamaian, dan persaudaraan bangsa kami. Sehingga semua pemeluk agama dan kepercayaan yang berbeda-beda di Indonesia dapat hidup berdampingan secara harmonis dan damai," ungkapnya.

Perempuan kelahiran Washington DC, 2 Juni 1995 ini menekankan bahwa Pancasila sangat cocok menjadi dasar negara dan falsafah hidup orang Indonesia. Karena perbedaan di dunia merupakan keniscayaan.

"Kita harus saling menjaga satu sama lain," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.