PSY: Ketenaran Itu Candu

Kompas.com - 28/05/2017, 04:07 WIB
Penyanyi asal Korea PSY meramaikan acara Oppo Selfie Fest di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. Kamis (24/11/2016). Festival ini dadakan untuk merayakan hari ketiga tahun  produk telepon genggam Oppo di pasar Indonesia. Kompas.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELIPenyanyi asal Korea PSY meramaikan acara Oppo Selfie Fest di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Tangerang. Kamis (24/11/2016). Festival ini dadakan untuk merayakan hari ketiga tahun produk telepon genggam Oppo di pasar Indonesia.
EditorKistyarini

KOMPAS - Penyanyi rap asal Korea Selatan, Psy, kembali rajin berpentas. Satu hal yang sempat sirna setelah kesuksesan singel "Gangnam Style" pada 2012.

Penyanyi bernama lahir Park Jai-sang ini mulai manggung lagi, termasuk berpentas di kampus-kampus, demi mengenalkan album kedelapannya, 4x2=8.

"'Gangnam Style' membuatku tenar sebagai pencipta lagu. Namun, aku bukan jenis penulis lagu yang terpaku membuat jilid satu, jilid dua, atau bagian tiga ('Gangnam Style') hanya karena lagu itu sukses besar," kata Psy (39), Senin (22/5).

Lagu "Gangnam Style" yang menampilkan Psy berjoget ganjil dengan kacamata hitam dan rambut klimis itu amat populer dan melejitkan namanya ke kancah musik internasional.

Videonya di Youtube masih memegang rekor sebagai yang paling banyak ditonton, yaitu 2,8 miliar kali per 22 Mei 2017.

Pengikutnya di kanal itu mencapai 10 juta, terbanyak untuk individu non-grup di Asia.

Ia menganggap kesuksesan itu ibarat piala. "Kini, piala itu terpajang di rak untuk bisa aku kagumi kapan saja," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga mengibaratkan ketenaran sebagai candu.

"Seperti pesta saja. Dibutuhkan waktu tertentu untuk menerima bahwa pestanya sudah usai. Agak lama juga menyadari gempita yang mulai meredup," katanya.

Sebagai penyanyi, Psy merasa telah mendapat banyak hal. Ia berniat pensiun sebelum namanya memudar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.