Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aura Kasih: Dulu Susah Payah Bikin Pancasila, Sekarang Lupa Artinya

Kompas.com - 01/06/2017, 15:33 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan penyanyi Aura Kasih menyayangkan makin ke sini orang Indonesia seakan makin lupa akan makna Pancasila.

Pasalnya usai Pilkada DKI Jakarta, isu SARA (suku ras agama dan antar golongan) justru menyeruak hingga menimbulkan kekisruhan.

"Sila kesatu terus Sila ketiga, Ketuhanan terus Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, kayaknya kok kita enggak alamin ya," kata Aura dalam wawancara di Plaza Sentral, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (31/5/2017).

"Sedangkan dulu pada zaman 45 susah payah membuat Pancasila, tapi sekarang kayak mereka (masyarakat) enggak tahu artinya apa," tambahnya.

Karena itu, Aura berharap peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini 1 Juni 2017, bisa menjadi alarm atau pengingat bahwa ada lima sila yang menjadi dasar negara Indonesia.

"Bukan cuman sekadar ya udah Hari Pancasila gitu. Tapi bisa diaplikasikan oleh masyarakat Indoensia," ucap Aura.

Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 24 Tahun 2016. Ini mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1 Juni 1945. Tepat 1 Juni 1945, Presiden RI Pertama Soekarno mulai memperkenalkan istilah Pancasila lewat pidatonya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com