Ibunda Ungkap Kronologi Masa-masa Kritis hingga Meninggalnya Yana Zein

Kompas.com - 02/06/2017, 08:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Yana Zein mengembuskan napas terakhir dalam usia 50 tahun di RS Mayapada, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017) dini hari.

Sebelumnya, selama setahun belakangan Yana diketahui mengidap kanker payudara stadium akhir. Meski demikian, kepergian Yana dirasa mendadak oleh keluarganya, terutama sang ibu, Swetlana Zein.

Pasalnya, usai menjalani pengobatan di Cina lalu pulang ke Indonesia akhir pekan lalu, Yana mengaku sudah hampir sembuh. Swetlana pun menjelaskan kronologi penurunan kondisi Yana hingga meninggal dunia.

"Waktu dijemput kelihatannya sudah sehat, fit, mukanya sudah bagus dan ceria. Dia juga bisa jalan dan lain-lain," kata di rumah duka RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (1/6/2017).

Seharian itu, lanjutnya, Yana tampak sehat-sehat saja meski sedikit kelelahan. Nafsu makannya juga masih ada.

[Baca juga: Mengapa Yana Zein Mengaku Sehat Sebelum Meninggal?]

 

Lalu, Senin besoknya, pesinetron senior itu menolak makan. Ia merasa tubuhnya lemas hingga mengalami sesak napas.

Melihat kondisi anaknya itu, Swetlana menyarankan Yana memeriksakan diri ke dokter. Ia dan keluarganya pun membawa Yana ke rumah sakit.

"Dokter bilang detak jantung Yana sampai 152, padahal yang normal itu cuma 90. Jadi harus segera diopname, dipasang alat, pompa, supaya detaknya normal. Terus alatnya kerja dan detaknya turun sampai mendekati normal, 100," kata Swetlana.

Ia pun merasa tenang melihat hal itu. Tapi tak bertahan lama, kondisi Yana kemudian tiba-tiba turun drastis. Saat di-rontgen, hasilnya ternyata ada cairan dalam paru-paru Yana.

"Ada air yang harus diambil, sudah cukup banyak 700 cc. Terus Yana kelihatannya agak sedikit berkurang sesaknya," ujar Swetlana. 

[Baca juga: Sebelum Meninggal, Yana Zein Ucapkan Sebuah Pesan untuk Dua Putrinya]

 

Namun mendadak Yana tak sadarkan diri ketika alat pacu jantung dipasang pada tubuhnya. 

"Dipasangkan macam-macam alat dan dikasih macam-macam obat terus, tapi Yana tetap enggak sadarkan diri," katanya. Sampai pada pukul 01.05 WIB, dokter menyatakan bahwa Yana telah meninggal dunia.

[Baca juga: Sebelum Tutup Usia, Yana Zein Sudah Beri Tanda-tanda]

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.