Cara Judika Menjaga Suara Tetap Prima

Kompas.com - 07/06/2017, 21:49 WIB
Penyanyi Judika Nalon Abadi Sihotang saat mengunjungi kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Rabu (7/6/2017). Ia tengah mempromosikan album ke-6 berjudul Judika. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Judika Nalon Abadi Sihotang saat mengunjungi kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Rabu (7/6/2017). Ia tengah mempromosikan album ke-6 berjudul Judika. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai penyanyi yang memiliki karakter vokal rock, Judika mengaku sangat menjaga pita suaranya. Dia tidak mengonsumsi minuman dingin agar suaranya tetap prima.

"Kalau rocker kayak gue tuh sangat anti-minum es, gue enggak minum es sama sekali," kata Judika saat berkunjung ke redaksi Kompas.com, di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/6/2017).

"Begitu kena dingin, pita suara langsung beku dan mau ngambil nada-nada tinggi tuh agak susah," sambungnya.

Tidak hanya itu, Judika juga memiliki resep lain untuk mengatasi masalah pada suaranya.

[Baca juga: Judika: Bukan Hal Mudah Nyanyikan Lagu Ciptaan Nino "RAN" ]

"Yang penting minum air putih, kalau gue bilang tuh cari makanan dan minuman yang membantu," ungkap pria kelahiran 31 Agustus 1978 itu.

"Kayak kencur tuh yang udah pasti ampuh di kupas aja, digigit kayak permen, akan ngaruh banget ke pita suara, kecap jeruk nipis juga bisa," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ayah dua anak itu juga cukup ketat dalam mengatur waktu istirahatnya. Bagi Judika, hal ini penting untuk diperhatikan agar terhindar dari masalah dengan pita suaranya.

"Sebenernya lebih ke istirahat yang paling penting, kalau istirahatnya cukup biasanya suaranya pulih sendiri, yang susahnya adalah berusaha sehat di tengah padatnya kesibukan," tambah Judika.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X