Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Terbaru G-Dragon “BIGBANG” Ditolak Tangga Lagu Ini di Korea

Kompas.com - 16/06/2017, 11:14 WIB
Sintia Astarina

Penulis

KOMPAS.com – Pihak agensi YG Entertainment menampilkan bahwa album solo terbaru G-DragonBIGBANG” yang bertajuk Kwon Ji Yong akan tampil dalam bentuk berbeda. Album itu tidak akan dijual dalam bentu CD secara fisik, tetapi bentuk USB.

Uniknya, hal itu mengundang pro kontra di industri musik soal definisi album sebenarnya.

Dilansir dari Allkpop, Korea Music Content Association sudah memutuskan untuk menerima album berbentuk USB ini untuk dihitung sebagai total penjualan album.

Keputusan itu dilakukan sebagai bentuk adaptasi terhadap perubahan di industri musik.

Tangga musik Hanteo juga mengumumkan bahwa mereka juga menerima USB sebagai album resmi dan akan masuk ke dalam penghitungan penjualan album.

Di sisi yang berlawanan, Gaon Chart, yang popularitasnya sama seperti Billboard Charts di AS, menolak menerima album Kwon Ji Young tersebut.

Mereka mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyertakan album G-Dragon dalam penghitungan penjualan album.

Gaon Chart mengklaim bahwa album dalam bentuk USB itu bukanlah album karena tidak berisi track lagu, tetapi hanya berisi link di mana nantinya penggemar bisa mengunduh lagu-lagu tersebut dengan memasukkan key code spesial.

Rupanya, perbedaan pendapat ini mempengaruhi berbagai tayangan musik di Korea. Misalnya. Inkigayo yang tayang di kanal SBS dan Show! Music Core yang tayang di MBC mengikuti kalkulasi dar Gaon Chart.

Sementara itu, Music Bank yang tampil di KBS2 dan M Countdown yang tayang di Mnet mengikuti penghitungan dari Hanteo.

Bisa dipastikan bahwa acara-acara musik tersebut akan memiliki perbedaan hasil signifikan, terutama untuk album yang menduduki peringkat pertama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com