Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di Luar Negeri, Teuku Rassya Belajar Mandiri

Kompas.com - 20/06/2017, 13:27 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Teuku Rassya (18) mengungkapkan pengalaman barunya selama menjalani kuliah semester pertama di Universitas Coventry di Inggris.

"Seru sih sekolah di sana, pengalaman baru Rassya belajar di negara yang belum pernah Rassya tinggalin," katanya saat dijumpai di Mampang Prapatan, Senin (19/6/2017).

Tinggal jauh dari keluarga nan jauh di Indonesia, anak dari artis peran Tamara Bleszynski itu mengaku jadi belajar mandiri.

"Tinggalnya sendiri kan, ada sih keluarga, ada tante Rassya, ada papanya tante Rassya. Di sana Rassya belajar nyuci baju, nyuci seprei sendiri. Itu aja yang ribet," kata dia.

Ia mengakui ada beberapa hal yang membuatnya sulit, yakni kebiasaan-kebiasaan di Indonesia yang tidak ditemuinya di Inggris. Salah satunya adalah soal transportasi menuju kampus.

"Mungkin kalau keluar atau jalan-jalan. Kalau pagi-pagi ramai bangat kan harus naik transportasi umun, kalau ke sekolah harus agak lari. Kalau di sini udah pakai mobil, sopir. Tapi, di bawa seru aja sih," ujarnya.

Di luar itu, Rassya mengaku tidak ada kesulitan berarti, termasuk dalam hal makanan. "Kalau makanan kurang lebih sama. Makanan sih enggak, teman-teman juga langsung dapet," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com