Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Karim Raslan
Pengamat ASEAN

Karim Raslan adalah kolumnis dan pengamat ASEAN. Dia telah menulis berbagai topik sejak 20 tahun silam. Kolomnya  CERITALAH, sudah dibukukan dalam "Ceritalah Malaysia" dan "Ceritalah Indonesia". Kini, kolom barunya CERITALAH ASEAN, akan terbit di Kompas.com setiap Kamis. Sebuah seri perjalanannya di Asia Tenggara mengeksplorasi topik yang lebih dari tema politik, mulai film, hiburan, gayahidup melalui esai khas Ceritalah. Ikuti Twitter dan Instagramnya di @fromKMR

Jupe, Sinarnya Hingga Akhir Hayat

Kompas.com - 20/06/2017, 18:40 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorAmir Sodikin


JIKA seorang diva lebih besar dari kehidupan, maka pop diva adalah sosok yang lebih besar. Katy Perry memiliki lebih dari 100 juta followers di Twitter (tiga kali lebih banyak dari followers Donald Trump) dan Selena Gomez menempati posisi teratas di Instagram lantaran followers-nya lebih dari 122 juta.

Indonesia, negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, dan merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, industri hiburannya berkembang sangat pesat sejak berakhirnya masa pemerintahan Suharto.

Program-program hiburan di televisi, menciptakan peluang-peluang yang tidak pernah ada sebelumnya bagi mereka yang berbakat, dan tidak berbakat sekalipun untuk maju. Setiap pagi dari jam 06.30, hampir sebagian besar stasiun TV nasional sudah diramaikan program infotainment.

Ini adalah salah satu acara industri TV nasional yang paling menguntungkan dengan mengangkat kisah-kisah skandal, sensasi, kisah sukses dan kisah patah hati sebagai berita utamanya

Dan di antara para bintang hiburan yang bersinar, hanya beberapa yang mencapai puncak, atau dicintai seperti mendiang Julia Perez. Yuli Rachmawati, itu nama aslinya, baru saja meninggal di usia yang masih sangat muda, 36 tahun, setelah bertahun–tahun melawan kanker serviks.

Dengan followers lebih dari 5 juta di Twitter dan 13,6 juta di Instagram, “Jupe” (begitu panggilan akrabnya) telah berhasil mengubah pesonanya yang memang tidak diragukan lagi menjadi sebuah industri mini.

Jupe adalah sosok yang langka. Dia seorang artis, penyanyi dangdut, pembawa acara TV, dan bintang acara reality show. Singkat kata, eksistensinya ada dimana-mana, baik di media mainstream maupun media sosial.

Meski imej seksinya yang terang benderang, dan sikapnya yang kadang cenderung “genit dan nakal”, kekuatan utama dan daya tarik Jupe bagi masyarakat Indonesia adalah justru pada keterbukaan dan kejujurannya sebagai seorang perempuan yang tidak beruntung dalam hal percintaan.

Padahal dia begitu mati-matian ingin mempertahankan cintanya, mempunyai sebuah keluarga dan menikmati jerih payah dari semua kerja kerasnya.

Dalam hal ini, tidak banyak yang bisa dipisahkan dari seorang Jupe. Dia artis muda yang menginspirasi ribuan wanita yang kesana-kemari mencari pekerjaan.

KOMPAS/ANGGER PUTRANTO Artis Julia Perez berfoto sesaat setelah menghadiri Malam Puncak Festival Film Indonesia 2013 di Semarang, Sabtu (7/12/2013).

Namun, hanya berujung pada kehidupan yang pahit, rumah tangga yang porak poranda, dan suami yang tidak setia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+