Perankan Sosok WR Supratman dalam Film "Wage", Begini Persiapan Rendra

Kompas.com - 22/07/2017, 14:00 WIB
|
EditorIrfan Maullana

SEMARANG, KOMPAS.com – Salah satu aktor muda Tanah Air, Rendra, bakal memainkan peran sebagai pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman. Berbagai persiapan dilakukan agar peran yang dibawakan bisa maksimal menampilkan sosok pencipta lagu "Indonesia Raya".

Kepada Kompas.com Jumat (21/7/2017), Rendra banyak berbagi cerita. Dia telah membaca banyak buku, membaca manuskrip sejarah, hingga bertandang ke ke keluarga besar WR Supratman.

"Saya sempat (kunjungi) keluarga beliau di Sumongari, karena Wage lahir di sana, dan memang ada perdebatan, tapi fakta membuktikan Sumongari tempat lahir," ujar Rendra.

Untuk memerankan peran Wage, Rendra bahkan menelusuri sampai tempat di mana Wage menghabiskan masa terakhirnya di Surabaya.

"Saya ke sana bertemu keluarganya, tapi keluarga yang tidak langsung, kesana sampai akhirnya penelusuran pengumpulan data sampai Surabaya," ucapnya.

Rendra mengaku takjub dengan pencapaian dari sosok Wage setelah mengkaji dokumen sejarah. Pahlawan nasional itu tidak saja dikenal sebagai musisi, namun juga sebagai sastrawan, pencipta lagu, musisi, komponis ulung.

Oleh karenanya, sebagai aktor dia sedang berjuang keras untuk dapat menghadirkan sosok Wage Rudolf Supratman ke dalam dirinya.

"Karena saya aktor, dan Wage itu sastrawan, pencipta lagu, musisi, komponis dan sebagainya itu begitu besar. Saya mendekati semampu saya sebisa mungkin merepresentasi sosok beliau, sosok beliau berjuang dengan musik," kata dia.

"Tidak banyak diketahui, bahwa film ini ada sisi bagaimana perjuangan tidak selalu dengan fisik, tapi Wage sebagai orang berusaha melalui biola, susunan lagu dan melaui novel,” tambahnya.

Dalam film Wage, Rendra bakal beradu peran dengan Tengku Rifnu Wikana, Rendra, Oim Ibrahim, Ferry Sofyan, dan Annisa Ayudya. Film ini disutradarai oleh John De Rantau.

Rencananya, film akan selesai shooting pada 20 Agustus 2017, dan rencana dirilis saat peringatan hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.