Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tohpati: Lagu Anak Harus Disesuaikan karena Zaman Berganti

Kompas.com - 29/07/2017, 08:10 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris dan pencipta lagu Tohpati berpendapat bahwa lagu anak-anak masa kini harus diciptakan melalui riset telebih dulu karena anak-anak zaman dulu dan masa kini tidaklah sama.

"Ya, sebenarnya zaman udah berganti, udah berubah. Ada Uber, ada YouTube, musik pun juga udah berubah. Jazz udah enggak swing banget. Jadi menurut saya, lagu anak itu harus ada penyesuaian juga," kata Tohpati saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (27/7/2017).

Ia mengatakan bisa jadi kualitas manusia sekarang sudah berbeda dibandingkan dengan masa lalu. Sekarang sudah banyak "anak ajaib" di dunia musik.

"Anak 6 tahun bisa main drum luar biasa kayak 30 tahun. Pemain piano banyak banget yang anak kecil. Jadi harusnya mereka-mereka ini adalah tanda bahwa generasi itu berubah," sambungnya.

Pemilik album Guitar Fantasy ini menambahkan, penyesuaian lagu anak-anak juga bisa dilakukan dari segi musik dan cara penyampaiannya.

"Selain nada, lirik, musik juga harus dikembangin. Cara mempresentasikan musik, lagu ini sampai ke anak enggak? Jangan cuma latihan sama melodi dan lirik, tapi musiknya elektro," terang Tohpati.

"Zaman udah berubah. Anak kecil dengerinnya udah EDM. Jadi produksi musik harus ditingkatkan karena zaman udah berubah," sambungnya.

Karena itu Tohpati juga ingin ambil bagian dalam mengulang kembali masa-masa jaya lagu anak-anak, yang ia mulai dari karyanya sendiri.

"Semua elemen harus bergerak bareng. Kalau aware harus bisa memainkan lagu anak mulai saat ini," kata pria berkacamata ini.

"Saya coba di Instagram responsnya bagus. Lagu anak-anak menurut saya dari segi musisi, musiknya bagus. Gimana caranya dewasa bisa nikmatin," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com