Manado Jadi Tuan Rumah Festival Film Indonesia 2017

Kompas.com - 21/08/2017, 22:03 WIB
Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono menerima Piala Citra kategori Film Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2015 yang diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Senin (23/11/2015). Ifa menerima penghargaan ini berkat film Siti karya sutradara Eddie Cahyono yang juga berhasil meraih dua penghargaan terbaik dalam Festival Film Internasional Shanghai 2015 atau yang ke-18, Tiongkok, pada 13-21 Juni lalu. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESIfa Isfansyah dan Eddie Cahyono menerima Piala Citra kategori Film Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2015 yang diserahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Senin (23/11/2015). Ifa menerima penghargaan ini berkat film Siti karya sutradara Eddie Cahyono yang juga berhasil meraih dua penghargaan terbaik dalam Festival Film Internasional Shanghai 2015 atau yang ke-18, Tiongkok, pada 13-21 Juni lalu.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Malam puncak penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini akan dihelat di Manado pada 11 November 2017.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua FFI 2017, Leni Lolang, dalam peluncuran ajang penghargaan perfilman itu di Sofia at The Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

"FFI 2017 akan diselenggarakan pada 11 November 2017 di Manado," kata Leni.

Pemilihan Manado sebagai tuan rumah FFI 2017 tak lepas dari bentuk apresiasi kepada daerah-daerah lain agar tak melulu terkesan berat sebelah atau hanya berpusat di Pulau Jawa.

"Manado juga belum pernah ada FFI dan ternyata pemerintah Manado juga berkeinginan," kata Leni.

Namun, Leni mengakui bukan hal yang mudah untuk memastikan kehadiran para sineas, khususnya nomine-nomine FFI 2017. Pasalnya, tahun-tahun sebelumnya penghargaan Piala Citra itu digelar di Jakarta dan sekitarnya.

"Terus terang tidak gampang karena stakeholder perfilman sebagian besar di Jakarta. Tapi kami akan berusaha memobilisasi para nomine ke Manado. Karena alangkah baiknya trofi diterima langsung oleh pemenang bukan perwakilan," ujar Leni.

Tahun ini akan ada 22 kategori nominasi dalam FFI 2017, di mana 18 di antaranya untuk film panjang. Lalu, empat lebihnya untuk film pendek, animasi, dan dokumenter. Sisanya penghargaan khusus berupa lifetime achievement dan in memoriam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X