Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada yang Baru dalam Festival Film Indonesia 2017

Kompas.com - 22/08/2017, 10:40 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Indonesia (FFI) 2017 akan digelar di Manado pada 11 November mendatang. Sebelum itu, 75 juri akan menyeleksi sekitar 110 judul film yang tayang dari akhir 2016 hingga akhir 2017.

Ketua Bidang Penjurian FFI tahun ini, sutradara Riri Riza, mengungkapkan bahwa timnya sudah merancang sistem baru untuk menjaring film-film terbaik dalam FFI 2017.

"Yang baru sistem penjurian tahun ini. Tetap voting, tetapi fokus penjurian adalah memberdayakan asosiasi profesi untuk turut aktif mengajukan atau merekomendasikan nominee," ujar Riri di Sofia at The Gunawarman, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017) malam.

Asosiasi pekerja film yang dilibatkan adalah Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI), Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI), Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI), Asosiasi Casting Indonesia (ACI), Indonesian Film Directors Club (IFDc).

Kemudian, ada Indonesian Motion Picture Audio Association (IMPACT, Rumah Aktor Indonesia (RAI), Indonesian Film Editors (INAFEd), Sinematografer Indonesia (SI), Indonesian Production Designers (IPD), dan Penulis Indonesia untuk Layar Lebar (PILAR).

Sebelas asosiasi profesi ini juga nantinya bisa merekomendasikan nama-nama juri.

"Kedua, tahun ini kami memberikan semacam buku guidance kepada juri dan asosiasi tentang kriteria film seperti apa yang layak menjadi nominee. Ada tiga kriteria yang digunakan sebagai dasar penilaian, yakni gagasan dan tema, kualitas teknik dan estetika serta profesionalisme," kata Riri.

"Dua hal tersebut mudah-mudahan akan menjadi sebuah proses penjurian yang objektif partisipatif dan menghasilkan pemenang yang bisa diterima oleh semua pihak," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com