Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser Simfoni Layar Perak Bawakan Lagu-lagu Film dari Masa ke Masa

Kompas.com - 26/09/2017, 19:37 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Adiswara Gadjah Mada menggelar konser paduan suara bertajuk Simfoni Layar Perak Indonesia di Theater Nusa Indah Balai Kartini, Jakarta Selatan pada 6 Oktober 2017.

Konser itu akan menyuguhkan tembang-tembang soundtrack atau tema lagu dari film-film yang populer sejak 1950-an hingga 2016.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Kreatif Theresia Chrisnani saat konferensi pers di BEKA Resto Balai Kartini, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2017).

"Pada konser nanti, kami dari paduan suara Adiswara Gadjah Mada akan membawakan lagu soundtrack film Indonesia dari masa ke masa dan semua genre musik. Ini pertunjukan paket kumplit," kata dia.

Berbagai genre yang dimaksud adalah lagu anak-anak, percintaan remaja, horor, komedi, hingga bertemakan nasional dan perjuangan.

Theresia mengatakan bahwa sebuah tema lagu dari film Enam Djam di Jogja (1951) akan menjadi tembang terlawas dinyanyikan. Selain itu ada beberapa lagu yang diciptakan oleh Melly Goeslaw akan dinyanyikan pula.

Pemilihan lagu-lagu tersebut adalah hasil riset tim dari Adiswara Gadjah Mada yang mempunyai kriteria khusus. Yakni, memilih film yang populer dan tema lagu yang fenomenal juga.

"Ada juga film yang enggak dikenal, tapi lagunya sangat fenomenal," kata Theresia.

Menurut Theresia, lagu-lagu itu dinyanyikan tidak berurutan dari masa rilis sebuah film, melainkan dibentuk dalam sebuah rangkaian konsep cerita.

[Baca juga: Krisdayanti: Suatu Keberuntungan Dipercaya Jadi Pengisi Soundtrack ]

"Nanti akan ada beberapa segmen," ucap dia.

Selain Paduan Suara Adiswara Gadjah Mada, ada beberapa nama penyanyi lintas generasi yang terlibat. Mereka adalah Vina Panduwinata, Delon Thamrin, dan Maudy Ayunda.

[Baca juga: Andi /rif Siap jika Ditawari Isi Soundtrack Wiro Sableng 212 ]

"Penilaian kami pertama adalah, ketiga penyanyi ini pernah menyanyi tema lagu film sebelumnya. Kami tidak mencari penyanyi yang tidak pernah nyanyi dalam soundtrack film. Kedua, ini tiga generasi berbeda yang memiliki audience berbeda," ujar Ketua Umum Adiswara Gadjah Mada Rita Kusuma Prabandari.

Sementara itu, Delon mengatakan bahwa ia senang bisa terlibat dalam proyek paduan suara. Apalagi menyanyikan lagu-lagu yang populer dalam sebuah film.

[Baca juga: Citra Scholastika Menikmati Jadi Pengisi Soundtrack Mars Met Venus ]

Delon mengaku akan membawakan tiga lagu. Dua lagu diboborkan olehnya, yakni "Mengejar Matahari" yang dipopulerkan penyanyi Ari Lasso dan "Aku Mau" dipopulerkan penyanyi Once Mekel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com