Serial Televisi "Keluarga Cemara" Diangkat ke Layar Lebar

Kompas.com - 29/09/2017, 18:29 WIB
(Ki-ka) Arswendo Atmowiloto, Anggia Kharisma, Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Gina S. Noer, dan Yandy Laurens ditemui dalam jumpa pers film Keluarga Cemara di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINA(Ki-ka) Arswendo Atmowiloto, Anggia Kharisma, Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Gina S. Noer, dan Yandy Laurens ditemui dalam jumpa pers film Keluarga Cemara di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - "Harta yang paling berharga adalah keluarga.... Istana yang paling indah adalah keluarga..." demikian sepenggal lirik yang mungkin langsung mengingatkan Anda pada serial televisi Keluarga Cemara yang populer di era 1990 hingga awal 2000-an.

Tontonan keluarga karya penulis Arswendo Atmowiloto itu kini akan dihadirkan dalam versi layar lebarnya oleh rumah produksi Visinema Pictures dengan judul yang sama.

Produser Anggia Kharisma memaparkan bagaimana ide awal rencana penggarapan film ini dalam jumpa pers di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

"Sebenernya sesimpel kangennya saya sama keluarga Indonesia. Ini berangkat dari kegelisahan, ada genre yang kita lupakan. Waktu itu ada film keluarga yang menghibur kayak Laskar Pelangi, Petualangan sherina. Ini kan era udah punya anak jadi pengin buat karya yang bisa dinikmati anak," ujar Anggi.

"Oke, kita bikin Keluarga Cemara. Keluarga kan jadi tempat untuk berpulang dan Indonesia bakal jadi lebih baik karena komponen keluarga yang utuh. Puji Tuhan direspon baik oleh Arswendo Atmowiloto," sambungnya.

[Baca: Ringgo Agus Rahman-Nirina Zubir Dipertemukan dalam "Keluarga Cemara"]

Arswendo sendiri mengatakan pula bahwa ia ingin kembali melihat nilai-nilai dalam keluarga kembali ditonjolkan.

"Saya ingin ada cerita keluarga kenapa anak-anak hormatin orangtua susah, kenapa persahabatan isinya musuh-musuhan melulu dan hal-hal lain yang kita rasakan. Kayak anak cewek menstruasi, bapaknya ngapain (menghadapinya)," kata Arswendo.

Selanjutnya, Anggi kembali menambahkan bahwa Keluarga Cemara versi terbaru ini tetap akan mengusung nilai-nilai nostalgia yang melegenda, sama seperti serial TV-nya terdahulu.

"Kenapa kami ingin membawa Keluarga Cemara ke keluarga sekarang? Karena pasti masih ada keluarga yang baik saat ini. Keluarga Cemara kuat karena masih tetap berjalan dalam kondisi apapun. Itu sih nilai yang mau ditunjukan di sini," tambah Anggi.

Saat ini pihak Visinema Pictures belum bisa membocorkan lebih lanjut soal jalan cerita, nama pemain lengkap, atau keterlibatan pemain-pemain dalam serial TV Keluarga Cemara dalam versi film layar lebarnya.

Namun yang pasti, artis peran Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir didapuk menjadi pemain utama film ini. Ringgo menjadi Abah dan Nirina menjadi Emak.

"Film ini drama. Bicara komedi pasti ada beberapa part yang membuat ketawa. Komedi yang akan hadir, mempertawakan situasi yang ditertawakan oleh mereka. (Tapi) pesaannya bukan komedi. Saya pastikan bersama Gina (produser Gina S Noer) dan Yandy (sutradara Yandy Laurens), film ini akan menjadi film keluarga di tahun 2018," pungkas istri sutradara Angga Dwimas Sasongko itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X