Garin Nugroho: Ruang Tumbuh Kreativitas Masih Minim

Kompas.com - 30/09/2017, 09:30 WIB
|
EditorIrfan Maullana

MALANG, KOMPAS.com - Sutradara film Garin Nugroho Riyanto atau yang lebih dikenal dengan Garin Nugroho menilai ruang tumbuh kreativitas dan bakat di Indonesia masih minim.

Hal itu berbanding terbalik dengan banyaknya bakat dan kreativitas anak muda yang terus tumbuh di Indonesia.

"Ruang kreatif itu sangat diperlukan. Karena bakat-bakat sumber daya manusia dan keinginan untuk mempresentasikan diri anak muda itu kan luar biasa sekali di negeri ini. Tapi ruang-ruang tumbuh itu tidak sebanding dengan apa yang disebut bakat, sumber daya manusia dan keinginan untuk berekspresi dan berkreasi itu tidak sebanding," katanya dalam Bincang Seni di Universitas Negeri Malang (UM), Kota Malang, Jumat (29/9/2017).

Oleh karenanya, Garin menganggap bahwa kesempatan untuk anak muda kreatif untuk mengekspresikan bakatnya menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Menjadi tanggungjawab kita mencarikan, memberikan ruang tumbuh bagi anak-anak muda Indonesia sekarang," katanya.

Apalagi, generasi muda berbakat dan kreatif terus tumbuh. Jika bakat dan kreativitas itu diwadahi, maka bakat dan kreativitas anak muda itu akan berlalu begitu saja.

"Kalau tidak, maka akan menjadi pertumbuhan komunitas seni dan teknologi tumbuh besar sekali. Tapi ruang tumbuhnya tidak terjadi, nanti tidak akan terjadi produktivitas," jelasnya.

Menurut dia, ruang tumbuh harus seimbang dengan jumlah komunitas anak muda berbakat yang terus bermunculan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.