Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garin Nugroho: Ruang Tumbuh Kreativitas Masih Minim

Kompas.com - 30/09/2017, 09:30 WIB
Andi Hartik

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Sutradara film Garin Nugroho Riyanto atau yang lebih dikenal dengan Garin Nugroho menilai ruang tumbuh kreativitas dan bakat di Indonesia masih minim.

Hal itu berbanding terbalik dengan banyaknya bakat dan kreativitas anak muda yang terus tumbuh di Indonesia.

"Ruang kreatif itu sangat diperlukan. Karena bakat-bakat sumber daya manusia dan keinginan untuk mempresentasikan diri anak muda itu kan luar biasa sekali di negeri ini. Tapi ruang-ruang tumbuh itu tidak sebanding dengan apa yang disebut bakat, sumber daya manusia dan keinginan untuk berekspresi dan berkreasi itu tidak sebanding," katanya dalam Bincang Seni di Universitas Negeri Malang (UM), Kota Malang, Jumat (29/9/2017).

Oleh karenanya, Garin menganggap bahwa kesempatan untuk anak muda kreatif untuk mengekspresikan bakatnya menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Menjadi tanggungjawab kita mencarikan, memberikan ruang tumbuh bagi anak-anak muda Indonesia sekarang," katanya.

Apalagi, generasi muda berbakat dan kreatif terus tumbuh. Jika bakat dan kreativitas itu diwadahi, maka bakat dan kreativitas anak muda itu akan berlalu begitu saja.

"Kalau tidak, maka akan menjadi pertumbuhan komunitas seni dan teknologi tumbuh besar sekali. Tapi ruang tumbuhnya tidak terjadi, nanti tidak akan terjadi produktivitas," jelasnya.

Menurut dia, ruang tumbuh harus seimbang dengan jumlah komunitas anak muda berbakat yang terus bermunculan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com