Nirina Zubir: Kalau Tak Berteman dengan Anak, Mengertinya Susah

Kompas.com - 30/09/2017, 12:57 WIB
Artis peran yang juga pembawa acara Nirina Zubir dalam jumpa pers RCTI 28 Anniversary Celebration di gedung MNC Tower 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (21/8/2017). KOMPAS.com/Dian Reinis KumampungArtis peran yang juga pembawa acara Nirina Zubir dalam jumpa pers RCTI 28 Anniversary Celebration di gedung MNC Tower 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (21/8/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi artis peran Nirina Zubir (37), keluarga zaman dahulu dan zaman sekarang memiliki pendekatan yang berbeda.

"Dulu angkatan kita ada istilah, 'Selama hidup di rumah Mama, harus dengerin aturan. Kalau sekarang (anak) balesnya pasti, 'Okay fine, aku cari uang sendiri'," ujar Nirina saat berbincang dengan wartawan di Kinosaurus, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

Hal itu juga dirasakan ketika sekarang Nirina sudah punya keluarga sendiri dan juga memiliki anak, Zivara Ruciragati Sharief (7) dan Elzo Jaydn Anvaya (5).

"Beda itu pendekatannya. Yang lima tahun udah kritis banget. Dulu kalau orangtua bilang 'no' aja, ketakutan. Kalau sekarang, 'No, why no?’ Jadi sekarang gimana caranya mungkin masih beda sama yang dulu," ujar pemain film Heart ini.

"Dulu masih ada otoriternya. If you’re not friends with your kids, mengertinya tuh susah. Kitanya gimana caranya ikutin kecepatannya mereka. Kalau enggak, kita ketinggalan," sambungnya.

[Baca: Nirina Zubir: Jadi YouTuber, Anak-anak Punya Rezeki Sendiri]

Zaman sekarang, ketika anak-anak senang mengeksplorasi hal-hal baru, Nirina merasa sulit untuk memberi larangan pada mereka. Apalagi, perkembangan teknologi sudah makin canggih. Ditambah lagi, anak Nirina juga sudah mulai mencoba dunia YouTube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sekarang susah juga sih kalau melarang banget. Kalau Na tuh ngalarang banget (menggunakan) gadget, enggak. Karena ke depan eranya teknologi gadget everywhere, tinggal nunjukin jari," ujar Nirina.

"Kalau sekarang anak gue udah jadi YouTuber dong, dan itu lucu banget. Na ngajarin dia terus dia bilang, 'Mommy, I know'. Dan dia bilang, 'Mommy, I wanna do it in my way'," lanjutnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.