Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akun Facebook Arzeti Bilbina Diretas dan Digunakan untuk Menipu

Kompas.com - 11/10/2017, 16:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Model dan artis peran Arzeti Bilbina mengaku pernah menjadi korban peretas sosial media. Baru-baru ini, akun Facebook-nya diretas dan digunakan seseorang untuk menipu.

"Kemarin tuh sempet Facebook-ku dipake orang terus dia jualan yang katanya untuk charity. Jual tas segala macam. Terus temen-temenku banyak yang akhirnya pada beli," kata Arzeti dalam wawancara di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Ia sempat tak sadar ketika akunnya disalahgunakan. Arzeti baru menyadarinya setelah suatu hari salah seorang rekannya mengaku membeli tas padanya. Ia pun terkejut karena merasa tak pernah berjualan lewat Facebook.

Parahnya lagi sang peretas nekat mengontak beberapa temannya di Facebook untuk meminjam uang.

[Baca: Arzeti Bilbina Tak Akan Tuntut Penyebar Fitnah Dirinya Berselingkuh]

"Temenku bilang 'Zet kemarin gue beli tas lu'. 'Ha? Tas apaan?'. Terus ada yang 'aku abis transfer ya Zet'. 'Ha? Transfer apa?'," ujar Arzeti.

Akhirnya, ia memutuskan menghubungi nomor kontak penipu yang menelepon teman-temannya itu dan menegurnya.

"Sempet ditelepon katanya di Medan terus tiba-tiba orangnya di Bandung. Ganti-ganti. Cuma saya secara verbal secara ucapan aja alhamdulillah udah selesai. Kalau enggak, masya Allah kasihan temen-temenku," kata Arzeti.

Ibu tiga anak ini memutuskan tak melapor ke polisi karena persoalan itu akhirnya bisa selesai setelah ia mengancam sang penipu.

"Ya kemarin sempet, mau lapor, disuruh. Cuma tak pikir bicara hati dulu deh. Alhamdulillah sekarang sudah stop dengan sendirinya. Mungkin dia juga sudah melihat bahwa daripada nanti lebih panjang, lebih baik bicara hati kemudian terselesaikan dengan sendirinya," katanya.

Ia hanya mengingatkan orang-orang di sekitarnya maupun masyarakat lainnya untuk selalu berhati-hati jika menemukan modus seperti itu.

"Ini juga antisipasi buat sahabat dan temen-temenku jangan cepet percaya karena kadang si selebriti malah enggak main sosmed. Malah yang manfaatkan orang lain," ujar Arzeti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com