Akun Facebook Arzeti Bilbina Diretas dan Digunakan untuk Menipu

Kompas.com - 11/10/2017, 16:47 WIB
Arzeti Bilbima saat menghadiri acara ulang tahun dokter Sonia Wibisono di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGArzeti Bilbima saat menghadiri acara ulang tahun dokter Sonia Wibisono di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Model dan artis peran Arzeti Bilbina mengaku pernah menjadi korban peretas sosial media. Baru-baru ini, akun Facebook-nya diretas dan digunakan seseorang untuk menipu.

"Kemarin tuh sempet Facebook-ku dipake orang terus dia jualan yang katanya untuk charity. Jual tas segala macam. Terus temen-temenku banyak yang akhirnya pada beli," kata Arzeti dalam wawancara di Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Ia sempat tak sadar ketika akunnya disalahgunakan. Arzeti baru menyadarinya setelah suatu hari salah seorang rekannya mengaku membeli tas padanya. Ia pun terkejut karena merasa tak pernah berjualan lewat Facebook.

Parahnya lagi sang peretas nekat mengontak beberapa temannya di Facebook untuk meminjam uang.

[Baca: Arzeti Bilbina Tak Akan Tuntut Penyebar Fitnah Dirinya Berselingkuh]

"Temenku bilang 'Zet kemarin gue beli tas lu'. 'Ha? Tas apaan?'. Terus ada yang 'aku abis transfer ya Zet'. 'Ha? Transfer apa?'," ujar Arzeti.

Akhirnya, ia memutuskan menghubungi nomor kontak penipu yang menelepon teman-temannya itu dan menegurnya.

"Sempet ditelepon katanya di Medan terus tiba-tiba orangnya di Bandung. Ganti-ganti. Cuma saya secara verbal secara ucapan aja alhamdulillah udah selesai. Kalau enggak, masya Allah kasihan temen-temenku," kata Arzeti.

Ibu tiga anak ini memutuskan tak melapor ke polisi karena persoalan itu akhirnya bisa selesai setelah ia mengancam sang penipu.

"Ya kemarin sempet, mau lapor, disuruh. Cuma tak pikir bicara hati dulu deh. Alhamdulillah sekarang sudah stop dengan sendirinya. Mungkin dia juga sudah melihat bahwa daripada nanti lebih panjang, lebih baik bicara hati kemudian terselesaikan dengan sendirinya," katanya.

Ia hanya mengingatkan orang-orang di sekitarnya maupun masyarakat lainnya untuk selalu berhati-hati jika menemukan modus seperti itu.

"Ini juga antisipasi buat sahabat dan temen-temenku jangan cepet percaya karena kadang si selebriti malah enggak main sosmed. Malah yang manfaatkan orang lain," ujar Arzeti.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X