Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

David Foster Bimbing Musisi Asia untuk "Dreams Come True"

Kompas.com - 14/12/2017, 14:10 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Komposer dan pianis kenamaan David Foster didapuk menjadi pembimbing untuk empat penyanyi dari empat negara di Asia Tenggara.

Mereka adalah IV of Spades dari Filipina, KUIZZ dari Malaysia, Miss Lou dari Singapura, dan Abirama dari Indonesia.

Selain menjadi mentor dari empat bakat muda tersebut, Foster juga mengemban misi mengampanyekan program Dreams Come True yang diinisiasi maskapai penerbangan AirAsia bekerja sama dengan platform musik digital Spotify.

Empat bakat muda itu terpilih setelah menyisihkan peserta Dreams Come True lainnya dalam babak 20 besar. Sebelumnya, keempat negara masing-masing diwakili oleh lima peserta yang dipilih oleh Spotify berdasarkan urutan teratas kepopuleran lagu mereka dalam platform tersebut.

Dalam sesi wawancara terbatas oleh beberapa media termasuk Kompas.com di Marina Bay Sand, Rabu (14/12/2017), Foster mengungkapkan alasannya bersedia terlibat sebagai pembimbing untuk program tersebut. Menurut Foster, banyak talenta berbakat di kawasan Asia.

Baca juga : David Foster: Bravo Marcell Siahaan

"Budaya Asia yang sangat menarik karena banyak penyanyi muda yang menjadi trending di internet dan YouTube berasal dari Asia," ujar Foster.

Menurut Foster, para peserta yang dibimbingnya sejak 12 hingga 14 Desember 2017 lalu memiliki potensi besar di industri musik. Mereka tak hanya sekadar bernyanyi, melainkan juga bisa memainkan alat musik dan mencipta lagu.

"Mereka tidak hanya mampu bernyanyi, tapi juga dapat memainkan alat musik dengan sangat baik. Genre musik bukanlah masalah, Justin Bieber dengan musik EDM juga bisa diimbangi dengan musik gitar, aku selalu lebih ingin tahu siapa penulis lagu yang lebih baik," kata dia.

Keempat peserta tersebut tidak hanya dibimbing. Nantinya, mereka akan diajak kolaborasi oleh Foster untuk tampil dalam konsernya di kawasan Asia pada 2018 mendatang.

Baca juga : David Foster Sajikan Pertunjukan Spektakuler di Yogyakarta

Lantas bagaimana kriteria musisi muda yang layak diajak berkolaborasi dengan Foster?

"Aku lebih memilih karakter yang terbaik dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa berkembang ke depannya dan aku akan memutuskan nanti," ujarnya.

"Aku selalu menghabiskan waktu satu jam dengan para kandidat untuk bisa mengenal lebih dekat para peserta 'Dream Come True'. Saya menyanyikan lagu dan membuat komposisi lagu untuk para peserta,” sambungnya.

"Saya selalu mencari penyanyi terbaik selama karierku seperti Houston (Whitney Houston), Michael Buble, Josh Groban. Mereka adalah penyanyi yang luar biasa," ujarnya.

Sementara itu, Abirama mengaku begitu senang bisa mencapai babak empat besar. Ia pun berharap bisa menjadi kandidat yang terpilih untuk memeriahkan konser bersama musisi yang dijuluki The Hitman tersebut.

"Amin lah bisa menang, bisa konser dengan David Foster. Dia kan akan undang-undang artis lain kan, konferensi pers ramai tuh, bisa ketemu Michael Buble lah atau siapa. Insya Allah bisa ketemu lah,” ujarnya.

Baca juga : David Foster Yakin Indonesia Mungkin Lahirkan Superstar Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com